Rabu, Oktober 23


Jakarta

Tak ada lagi logo Repsol di motor tim pabrikan Honda MotoGP mulai musim 2025. Santer dikabarkan posisi Repsol itu akan digantikan oleh Castrol.

Honda Racing Corporation sepakat bercerai dengan sponsor utamanya Repsol. Pengumuman itu disampaikan usai gelaran MotoGP San Marino belum lama ini. Kabar ini tentu mengejutkan, pasalnya keduanya sudah menjalin kerja sama selama lebih dari tiga dekade. Repsol juga tercatat menjadi sponsor terlama dalam sejarah balapan roda dua.

“Repsol memutuskan untuk tidak memperbarui kontrak sebagai sponsor dengan Honda Racing Corporation di kejuaraan MotoGP yang berakhir pada 31 Desember tahun ini,” demikian bunyi keterangan resmi dari Repsol dikutip Motosan.


“Tim Repsol Honda merupakan tim tersukses di sejarah balapan dengan 11 titel juara, 15 titel juara dari pebalap, dan 183 kemenangan di kelas teratas balap motor. Repsol berterima kasih atas komitmen dan dedikasi HRC selama kerja sama bertahun-tahun. Perusahaan multi-energi ini akan tetap berkecimpung di dunia balap motor dengan tujuan untuk terus mengembangkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik,” tulis Repsol lagi.

Banyak spekulasi muncul terkait keputusan Repsol cerai dengan Honda. Namun diduga kuat, kepindahan Marc Marquez menjadi dalang utamanya.

Dengan demikian, mulai musim 2025, logo Repsol tak lagi menghiasi motor Honda RC213V tunggangan Joan Mir dan Luca Marini. Sejauh ini belum dapat diketahui dengan pasti bakal pengganti Repsol. Di MotoGP, setiap tim umumnya memiliki sponsor besar seperti Monster pada Yamaha ataupun Red Bull pada KTM.

Belakangan mencuat nama Castrol yang digadang-gadang menggantikan posisi Repsol di Honda. Dalam laporan Motorsport, Honda dan Castrol akan menjalin kerja sama. Castrol saat ini sudah menjadi sponsor pada tim LCR Honda.

Keberadaan Castrol tentu diharapkan bisa memberikan semangat baru bagi Honda yang tengah terpuruk dalam beberapa musim belakangan. Ditambah lagi, rider andalannya Marc Marquez juga pergi meninggalkan Honda.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version