Minggu, Oktober 27


Jakarta

Cek fisik kendaraan kini sudah mulai digital. Saat cek fisik, mesin tak lagi digesek melainkan hanya difoto.

Seiring dengan perkembangan di era digitalisasi, cek fisik kendaraan pun makin canggih. Cek fisik kendaraan yang biasanya dilakukan dengan cara digesek nomor rangka serta nomor, kini hanya difoto.

Kasubdit BPKB Ditregiddent Korlantas Polri Kombes Pol Sumardji dalam Pelatihan dan Sertifikasi Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) menjelaskan cek fisik kendaraan kini sudah beralih menggunakan teknologi digital. Teknologi ini kata Sumardji sudah diterapkan di beberapa Polres dan Polda.


“Jadi memang era digitalisasi cek fisik digital itu sudah berjalan di berapa Polres dan beberapa Polda, jadi prosesnya cukup mudah kalau dulunya itu harus pakai digesek konvensional itu cukup difoto ada alatnya ada kameranya foto secara otomatis di foto itu bisa langsung online ke ERI (Electronic Registrasi And Identification) jadi proses itu sangat mudah dan sangat cepat,” terang Sumardji.

Menurutnya, pengecekan fisik kendaraan secara digital ini bakal berlaku bertahap di seluruh Polda. Korlantas Polri juga sudah memberikan sertifikasi kepada anggotanya untuk meningkatkan kompetensi dalam pelayanan masyarakat.

“Cek fisik sudah mulai bertahap,” urai Sumardji.

Untuk diketahui, dalam cek fisik kendaraan ada beberapa hal yang diperiksa, khususnya dari fisik kendaraan bermotor. Rinciannya sebagai berikut

a. aspek kelengkapan dan fungsi keselamatan yang sesuai dengan standar keselamatan Ranmor Indonesia, paling sedikit terdiri atas:

1. karoseri/rancang bangun sesuai peruntukan Ranmor;

2. lampu-lampu;

3. kaca spion;

4. kondisi ban;

5. dimensi Ranmor untuk mengetahui kesesuaian tinggi, lebar, dan panjang;

6. panel kontrol; dan

7. sabuk keselamatan dan segitiga pengaman untuk Ranmor roda 4 (empat) atau lebih;

b. aspek identitas Ranmor, yang paling rendah meliputi:

1. kesesuaian antara dokumen dan fisik Ranmor; dan

2. menggesek nomor rangka dan nomor mesin.

Selain penerapan cek fisik digital, BPKB pun sekarang sudah elektronik. BPKB elektronik ini sudah mulai berlaku di Polda Metro Jaya dan Polda Sumatera Utara. Ke depan, BPKB elektronik bakal dilaksanakan secara bertahap di Indonesia.

(dry/riar)

Membagikan
Exit mobile version