Selasa, Mei 14


Jakarta

Musim mudik sudah di depan mata. Traveler yang pulang kampung ke Sleman, Yogyakarta diharap lebih berhati-hati saat melewati jalur ini.

Pemerintah memprediksi pada momen mudik Lebaran tahun 2024 akan ada jutaan pemudik yang masuk ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Khusus Kabupaten Sleman, diperkirakan 4 juta orang akan masuk selama momen Lebaran.

Terkait hal itu, Pemkab Sleman mengimbau bagi pemudik maupun wisatawan yang ke Sleman agar mewaspadai sejumlah jalur rawan.


Kepala Dinas Perhubungan Sleman Arip Pramana mengatakan jalur rawan terutama di daerah Prambanan.

“Khususnya jalur bahaya bagi pemudik yang baru masuk ke Jogja, utamanya di jalur Prambanan atas,” kata Arip kepada wartawan, Kamis (28/3/2024).

Arip melanjutkan, jalur Prambanan meliputi daerah Breksi. Dia bilang, kerawanan berupa kemiringan jalan yang terlalu ekstrem.

“Ketinggian itu sekitar hampir 30 derajat. Sedangkan kendaraan itu rata-rata didesain untuk 25 derajat,” ucapnya.

Sebagai langkah antisipasi, dinas kemudian memasang rambu peringatan di jalur Breksi agar menggunakan gigi rendah.

“Sudah kita pasang di sana rambu-rambu untuk bergeser ke gigi paling rendah, baik dari atas maupun dari bawah,” ujarnya.

Sementara itu, Wakasat Lantas Polresta Sleman AKP Arfita Dewi mengatakan dalam dua bulan terakhir jalan rawan kecelakaan berada di Jalan Kaliurang.

“Dua bulan terakhir untuk kerawanan kecelakaan di Sleman yang tadinya di Jalan Siliwangi (Ring Road) sudah bergeser di Jalan Kaliurang (mulai) kilometer 4 sampai 17. Kemudian Jalan Solo, di jalur Prambanan-Kalasan,” ucapnya.

Baca artikel detikjogja, “Dear Pemudik, Ini Deretan Jalur Rawan Kecelakaan di Sleman” selengkapnya https://www.detik.com/jogja/berita/d-7266306/dear-pemudik-ini-deretan-jalur-rawan-kecelakaan-di-sleman.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

Simak Video “Bukan Cuma Fisik, Pengemudi Perlu Siapkan Mental Juga Jelang Mudik!
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)

Membagikan
Exit mobile version