Minggu, Juli 7

Apakah traveler ingin berlibur ke Melbourne? Belum memiliki itinerary, tapi ingin liburan asyik dan hemat? Berikut rekomendasi dari detikTravel beberapa tips dan trik yang bisa traveler lakukan.

Melbourne menawarkan banyak hal menarik untuk traveler kunjungi. Kota ini dikenal sebagai pusat budaya internasional, tempat di mana berbagai festival besar sering diadakan, memikat wisatawan lokal maupun asing.

Tidak hanya budayanya, Melbourne juga memiliki banyak objek wisata memukau yang menjadi incaran para wisatawan, mulai dari taman cantik hingga museum. Siap berkeliling Melbourne? Eits traveler wajib mencatat beberapa tips agar liburanmu lebih asyik dan hemat.

1. Pilih Tiket Pesawat Termurah

Memilih tiket pesawat dengan harga terbaik adalah langkah pertama yang penting dalam merencanakan liburan ke Melbourne. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat termurah:

· Pesan lebih awal: Harga tiket cenderung lebih murah jika traveler melakukan pemesanan beberapa bulan sebelum tanggal keberangkatan.

· Perhatikan waktu penerbangan: Penerbangan pada hari kerja biasanya lebih murah dibandingkan akhir pekan. Selain itu, penerbangan di luar jam sibuk juga cenderung lebih terjangkau.

2. Pilih Waktu terbaik untuk Berkunjung

Waktu kunjungan yang tepat dapat mempengaruhi pengalaman liburan traveler. Melbourne memiliki empat musim yang berbeda, dan masing-masing menawarkan pengalaman unik pula.

Buat penyuka traveling di musim gugur, traveler bisa datang pada bulan Maret hingga Mei. Dedaunan berwarna kuning, merah, dan oranye. Berguguran satu per satu sebelum mengering. Cuaca sejuk dan nyaman, cocok untuk jalan-jalan di luar ruangan.

Jika traveler ingin menghabiskan waktu pada musim dingin, traveler bisa datang pada bulan Juni hingga Agustus. Traveler bisa mencoba berbagai permainan seru seperti ski, sepatu salju, kereta luncur, dan snowboard di Mt. Buller Resort.

Jika traveler pecinta bunga dan ingin menghabiskan waktu pada musim semi, traveler bisa datang pada bulan September hingga November. Ratusan tulip berwarna-warni bermekaran di perbukitan Silva selama Tesselaar Tulip Festival.

Penasaran dengan musim panas di Melbourne, traveler bisa mencoba datang pada bulan Desember hingga Februari. Traveler bisa menghabiskan hari dengan berjalan-jalan di taman kota, bersantai di sepanjang tepi pantai di St Kilda, atau menjelajahi kotak pantai berwarna-warni di Brighton.

3. Berburu Destinasi Wisata Gratis

Bagi traveler yang ingin berlibur hemat dengan bujet pas-pasan, wajib memasukan beberapa destinasi wisata gratis di Melbourne. Berikut beberapa rekomendasinya dari detikTravel:

· Rasakan atmosfer sibuk Stasiun Kereta Flinders dan kagumi bangunan ikoniknya.

· Berkumpul di Federation Square.

· Ikuti tur gratis di Hosier Lane untuk menikmati street art yang menakjubkan.

· Lihat karya seni bersejarah yang indah di ubin dan dinding Katedral St Paul.

· Membaca buku atau menikmati dekorasi interior yang cantik di Perpustakaan Negara Bagian Victoria.

· Belanja di Queen Victoria Market.

· Jelajahi kuliner Asia di Chinatown.

· Menikmati makan malam romantis di Docklands.

4. Berkeliling Kota dengan Transportasi Umum

Seperti kota-kota besar lainnya di Australia, Melbourne juga menawarkan fasilitas transportasi umum yang lengkap. Mulai dari tram hingga pilihan yang lebih sehat seperti penyewaan sepeda.

Traveler yang bisa memanfaatkan transportasi umum ini untuk menjelajahi kota. Untuk penghematan lebih, gunakan tram atau bus. Menariknya, ada tram wisata gratis atau city circle tram yang mengelilingi pusat Melbourne.

Traveler juga bisa menjadikan Bus HOHO sebagai salah satu pilihan transportasi. Bus ini akan mengajak wisatawan untuk berkeliling kota dengan bujet ekonomis.

5. Ingat Membuat Itinerary

Jika ini kali pertama traveler berlibur ke Melbourne, detikTravel menyarankan untuk membuat itinerary. Membuat itinerary memiliki beberapa tujuan penting, yaitu untuk efisiensi waktu dan biaya perjalanan.

Untuk membuat itinerary, traveler wajib mempelajari peta Melbourne. Pertama, traveler harus menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi dan mencari tahu apakah ada objek wisata lain yang berdekatan. Jangan lupa periksa juga akses makanan di sekitar dan bagaimana cara mencapai tempat tersebut.

6. Siapkan Uang Tunai

Traveler wajib memastikan untuk membawa uang tunai saat berlibur ke Melbourne. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran yang tak terkontrol. Traveler bisa melakukan perencanaan dengan membagi anggaran untuk setiap harinya. Jangan lupa catat pengeluaranmu ya!

7. Pilih Hotel yang Aman dan Nyaman

Terakhir adalah traveler wajib memilih hotel yang nyaman dan aman, tentunya sesuai dengan bujet. Pilihlah hotel dengan lokasi terdekat dari pusat transportasi, sehingga memudahkan akses untuk bepergian.

Jadi, sudah siap berlibur ke Melbourne? Jangan lupa catat semua trik di atas dan selamat berlibur! Mulailah perjalanan kelas dunia Anda dengan Singapore Airlines dan temukan pesona tanpa batas yang ditawarkan oleh Melbourne!

Membagikan
Exit mobile version