Rabu, Oktober 2

Jakarta

Meskipun baru saja makan banyak orang masih merasa lapar. Bisa jadi karena konsumsi jenis makanan yang justru membuat rasa lapar bertambah.

Makanan yang membuat rasa lapar bertambah biasanya terdiri dari karbohidrat olahan dan tinggi gula. Pasalnya, jenis makanan ini menyebabkan tubuh kekurangan protein dan serat yang mengenyangkan.

Mengutip Eat This Not That, kombinasi karbohidrat olahan yang tinggi, rendah serat, dan protein dapat mengacaukan kadar gula darah, berkontribusi pada rasa lapar dan nafsu makan yang tak terpuaskan.


Berikut ini sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari jika tidak ingin bertambah lapar setelah mengonsumsinya dan membuat nafsu makan meningkat, dirangkum dari CNN Indonesia.

1. Pastry

Pastry Foto: Getty Images/iStockphoto

Rasa manis dari pastry memang menggugah selera, apalagi jika disandingkan dengan kopi sebagai pelengkap sarapan. Meski demikian, makanan ini bukanlah pilihan tepat karena justru bisa membuat Anda semakin lapar.

“Makanan yang dipanggang ini bagus untuk memuaskan selera Anda tetapi tidak terlalu mengenyangkan perut karena cenderung kaya akan karbohidrat [sederhana],” kata dietitian Destini Moody.

“Tanpa cukup protein atau serat (yang cenderung kurang pada kue kering), camilan ini akan meningkatkan gula darah, menyebabkan kembalinya penurunan gula darah segera setelahnya.”

Moody pun menyarankan jika kamu ingin makan pastry, maka konsumsi makanan ini dengan protein seperti telur rebus atau greek yogurt.

2. Keripik kentang

Keripik kentang jadi makanan favorit banyak orang karena rasanya yang gurih dan bikin nagih. Namun, makanan yang mengandung banyak natrium ini justru bisa membuat perut bertambah lapar.

“Garam membuat hampir semua hal terasa lebih enak karena membuat kamu mengeluarkan air liur,” kata Moody.

“Lebih banyak air liur berarti lebih banyak reseptor aktif di indera pengecap kamu, yang berarti lebih banyak rasa yang dalam.”

Namun ada alasan lain mengapa kita mendambakan makanan asin. Para ilmuwan berhipotesis bahwa manusia mendambakan garam karena kemungkinan garam memicu pelepasan dopamin, yaitu hormon yang memungkinkan kita merasakan kepuasan.

“Hal ini dapat menciptakan lingkaran setan karena camilan asin seperti keripik kentang dan pretzel cenderung mengandung karbohidrat olahan dan sedikit serat yang dapat memperlambat pencernaan Anda,” kata Moody.

Hal ini membuat kamu lebih cepat lapar, yang bisa membuat kamu memakan lebih banyak keripik, dan siklusnya terus berlanjut.

3. Roti gandum

Roti gandum. Foto: Getty Images/fcafotodigital

Roti gandum mungkin mengandung tinggi serat, tetapi juga lebih banyak diproses daripada biji-bijian utuh seperti oat dan quinoa, serta kurang lemak dan protein yang bisa mengenyangkan rasa lapar.

Agar roti lebih tahan lama membuat kenyang, ganti selai dengan topping yang mengandung lemak sehat, seperti selai kacang, telur, atau alpukat.

“Kalori ekstra dalam makanan ini menyediakan lemak, protein, dan serat-semuanya merupakan kunci untuk membantu kamu tetap kenyang lebih lama,” kata dietitian Alex Caspero mengutip Prevention.

Jika kamu memilih selai kacang, pertahankan porsinya dengan maksimal dua sendok makan per porsi.

Buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Namun, hampir tidak protein atau lemak yang bisa menciptakan rasa kenyang.

Simak Video “Melihat Fenomena War Takjil di Benhil
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version