Sabtu, Juli 6


Garut

Liburan bingung ke mana? Jika di Garut, foodies bisa mampir ke Festival Baso Aci. Dijamin puas kulineran bakso yang kenyal berkuah gurih ini. Di sini lokasi Festival Baso Aci!

Festival Baso Aci kembali diselenggarakan di Garut pada awal Juli 2024. Event tahunan ini diselenggarakan di tempat berbeda kali ini. Jika biasanya di Alun-alun Garut, berubah menjadi di halaman Citimall di Jalan Jenderal Sudirman, Karangpawitan.

Penyelenggaranya, Dhani Omar Dien mengatakan Festival Baso Aci sudah diadakan 4 kali di Garut. “Kita ingin tetap menjaga baso aci ini tetap eksis, meskipun kami tidak diizinkan untuk menggelarnya di pusat keramaian, Alun-alun Garut. Karena baso aci ini merupakan makanan tradisional khas Garut, yang harus terus lestari,” ucap Dhani kepada wartawan, Senin (1/7/2024) sore.


Ada lebih dari 40 tenant baso aci yang akan ikut serta. Bobby Firdaus dari Jajanan Garut mengatakan, 40 tenant baso aci yang ikut terbagi kedalam tiga klaster. “Ada kelas newcomers, viral dan legend,” katanya.

Di Garut bisa menikmati bakso aci enak di festival kuliner ini. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Newcomers merupakan para pedagang baso aci baru yang kini ramai di Garut. Viral, adalah kategori pedagang yang kini hits di media sosial.

Sedangkan legend, adalah kategori untuk pedagang baso aci yang sudah eksis sejak lama di Garut.

Festival Baso Aci ini akan berlangsung mulai siang hingga malam hari di tanggal tersebut. Bagi kalian yang berkunjung ke Garut di momen libur panjang ini, yuk ikut berburu berbagai baso aci yang super enak dari Garut.

Mengenai asal-usulnya, baso aci sudah ada sejak abad ke-19 silam. Kala itu, bakso aci merupakan olahan pangan yang dibuat masyarakat di tanah Priangan Timur.

“Sebenarnya bakso aci sudah ada dari abad 19-an. Sudah ada. Jadi, dulu baso aci itu dibikin ketika orang-orang Sunda nggak bisa makan nasi,” kata Bobby, influencer makanan pemilik akun Jajanan Garut.

Bakso Aci Si Ceuceu Garut yang eksis sejak 2002Terdapat lebih dari 40 tenant yang akan hadir dalam festival ini. Termasuk para penjual bakso aci. Foto: Hakim Ghani/detikJabar

Dahulu, bakso aci masih bernama cilok kata Bobby. Terbuat dari aci, yang diisi daging cincang. Bakso aci ini, kemudian disajikan dengan kaldu dari sapi, atau ayam.

Berkat bahan baku yang murah dan mudah didapatkan, kala itu bakso aci menjadi alternatif makanan berat yang bisa disantap jika tak ada nasi. “Tapi juga biasa disajikan sebagai lauk untuk nasi. Seperti sup,” katanya.

Artikel ini sudah tayang di detikjabar dengan judul “Ada Festival Baso Aci di Garut, Simak Jadwal dan Lokasinya!”

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version