Jumat, Oktober 18


Jakarta

Melahirkan kendaraan ramah lingkungan menjadi fokus produsen otomotif di Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan niat pemerintah untuk bisa menekan emisi gas buang. Hal tersebut yang membuat Suzuki perlahan bertransformasi untuk bisa memperlengkap lineup kendaraan ramah lingkungan mereka di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Deputy to 4W Sales & Marketing Managing Director PT SIS, Donny Ismi Saputra. Dirinya menuturkan alasan mengapa Suzuki Indonesia mulai memperkenalkan kendaraan ramah lingkungan melalui mild hybrid, agar semua masyarakat Indonesia bisa menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

“Kami juga memiliki strategi multi pathway, artinya kami menghadirkan berbagai solusi demi meningkatkan netralitas karbon,” jelas Donny.


“Jadi tujuan utamanya itu, salah satunya kami memperkenalkan baterai electric vehicle, dan kami juga punya teknologi BEV sepeda motor dan marine. Seperti saat peluncuran Ertiga dan XL7 hybrid, pada saat itu kami hanya memperkenalkan sistem hybrid SHVS ini langkah awal kami, agar seluruh lapisan masyarakat menggunakan kendaraan ramah lingkungan,” ucap Donny.

Sesuai janjinya Suzuki pun bersiap memasuki era elektrifikasi dengan siap memperkenalkan mobil listrik produksi mereka 2025 besok, dengan memperlihatkan mobil listrik pertama mereka Suzuki eVX pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Kami memiliki langkah-langkah selanjutnya, dengan memperkenalkan kendaraan listrik berbasis listrik. detailnya seperti apa, ini strategi korporasi kami yang beum bisa kami sebutkan hari ini. Namun ini (Suzuki eVX) merupakan komitmen kami untuk bisa melahirkan kendaraan ramah lingkungan,” ucap Donny.

Suzuki eVX Concept diperkenalkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2024 Foto: Lutfhi Andhika Anshori/detikOto

Sebagai catatan, saat ini Suzuki percaya, Mobil hybrid memberikan alternatif mudah dalam hal adaptasi pemakaian, daya jelajah dan biaya kepemilikan guna mencapai tujuan reduksi emisi gas buang. Teknologi ini juga dinilai cocok untuk keberagaman lokasi maupun kondisi lingkungan penggunanya seperti di Indonesia. Sistem kerjanya pun ada beberapa macam, sehingga pelanggan bisa menyesuaikan kebutuhan serta rencana penggunaannya.

Pada ajang GIIAS 2024, Suzuki memperlihatkan berbagai varian hybrid mereka, dengan mengusung teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang memadukan mesin pembakaran internal (ICE)m dengan Integrated Starter Generator (ISG) serta baterai Lithium-ion. Berikut model-model Suzuki hybrid di GIIAS 2024, diantaranya:

1. All New Ertiga Hybrid Cruise

Setelah mendapatkan ubahan pada desain tampilan interiornya pada awal tahun ini, All New Ertiga Hybrid Cruise kini tampil dengan inovasi lebih elegan dan atraktif. Sebagai salah satu line up kendaraan hybrid Suzuki, mobil ini cukup populer di kalangan keluarga dikarenakan biaya kepemilikan relatif terjangkau ditambah lewat efisiensi konsumsi bahan bakar yang ideal. MPV 7 penumpang ini dibekali kapasitas baterai 10Ah untuk menunjang keperluan kelistrikan dan memberi acceleration assist secara halus. Perjalanan bersama keluarga modern pun semakin nyaman dengan All New Ertiga Hybrid Cruise.

2. New Xl7 Hybrid

Apabila gaya mobil yang diinginkan adalah sebuah SUV, maka New XL7 Hybrid adalah pilihan yang sangat menarik. Menjadi sorotan publik sejak peluncurannya pada pertengahan tahun 2023 lalu, New XL7 Hybrid memadukan desain eksterior yang gagah dengan interior yang penuh fitur canggih dan kenyamanan pada sisi interior. Mengakomodasi tren terbaru dengan fitur E-mirror touch screen, mobil ini juga mendukung penggunaan dashcam pribadi untuk keamanan ekstra. Setiap perjalanan bersama keluarga dan teman dalam SUV hybrid terlaris Suzuki ini akan menjadi pengalaman berharga dan penuh kenangan.

3. Grand Vitara

Menjadi perhatian publik sejak peluncurannya pada awal tahun 2023, Grand Vitara adalah SUV 5 penumpang yang menggabungkan kemewahan dan kekuatan dalam satu paket. Dengan sejarah panjang yang kaya karakter, model ini menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan, mampu melintasi berbagai rintangan jalan dengan mudah. Dilengkapi dengan panoramic sunroof, head unit 9-inch dengan koneksi Apple CarPlay atau Android Auto, wireless charger, jok ergonomis, serta 6 airbag, Grand Vitara memastikan setiap perjalanan terasa aman dan bergaya.

(lth/din)

Membagikan
Exit mobile version