Kamis, Oktober 17

Jakarta

Kota Bogor bisa dibilang surganya warung makan Sunda yang enak. Dengan pilihan lauk beragam, harga makanan di warung-warung ini juga terjangkau.

Kalau sedang ngidam atau kangen masakan ala Sunda yang autentik, bisa jalan-jalan sekaligus kulineran ke kota Bogor. Letaknya yang tak jauh dari Jakarta, cocok untuk yang mau kulineran makan masakan Sunda.

Di sini ada ratusan warung makan hingga rumah makan khas Sunda yang menyajikan berbagai jenis lauk. Tapi kalau mau makan di warung makan Sunda yang sudah terjamin kelezatannya bisa mampir ke lima warung makan di bawah ini.


Berikut lima rekomendasi warung makan Sunda di Bogor:

1. Warung Doyong

Gurih Wangi! Ayam Goreng Serundeng Legendaris Warung Doyong Sejak 1979 Foto: detikFood

Menyebut olahan ayam goreng enak di Bogor, tak bisa meninggalkan Warung Doyong yang tersohor. Lokasinya ada di Jalan Pahlawan Nomor 109, Bogor Selatan. Warung makan ala Sunda yang sederhana ini terbilang legendaris karena sudah berjualan sejak tahun 1979.

Meski hanya berupa warung tenda, menu ayam goreng khas Sunda di sini selalu laris diantre. Warung Doyong menyajikan ayam goreng bumbu kuning. Untuk penyajiannya bersama sambal dan lalapan.

Pengunjung bisa pilih mau nasi uduk atau nasi putih biasa. Kalau ke Warung Doyong, jangan lupa juga mencicipi semur jengkol dan pepes oncom yang enak. Kisaran harganya juga masih terjangkau dari Rp 20.000 saja.

2. Warung Jambu Ibu Hj Nyai

Catat! 5 Warung Makan Sunda di Bogor yang Terkenal Punya Lauk Enak Foto: Site/Visual

Tempat makan Sunda ini dikenal sederhana dan selalu ramai dipadati pengunjung. Tepatnya bernama Warung Jambu Ibu Hj Nyai yang berlokasi di Jalan Raya Sirkuit Sentul dan sudah ada sejak tahun 1990-an.

Warung makan Sunda ini menawarkan sekitar 50 pilihan lauk-pauk. Mulai dari menu olahan ikan, sayur, belut lengkap dengan lalapan dan sambal dadak yang khas.

Salah satu menu yang jadi andalan di sini adalah gulai kikil. Oya, semua lauk-pauk di Warung Jambu Ibu Hj Nyai ini dibanderol dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 3.000.

3. RM. Ibu Ubed

Raos Pisan! Ayam Bakar dan Sambal Dadak Ibu Ubed yang Bikin Selebriti Ketagihan Foto: detikFood

Untuk penggemar makanan Sunda yang khas dengan ciri masakan rumahan, bisa mampir nih ke RM. Khas Sunda Ibu Ubed, yang letaknya tak jauh dari kampus IPB Darmaga Bogor.

Pertama kali RM. Ibu Ubed ini buka di jalan Dramaga dari tahun 1994. Dulu bentuknya itu masih saung kecil lah, warung makan sederhana. Kebanyakan yang datang itu dosen dari kampus IPB. Tapi banyak juga selebriti sampai pejabat daerah.

Meski terbilang sederhana, dan awalnya hanya berupa saung saja. Tapi siapa sangka, rumah makan yang satu ini jadi tempat langganannya para selebriti hingga pejabat daerah. Mulai dari Deddy Mizwar hingga Mandala Shoji.

Untuk menu andalannya, ada ayam kampung yang dibakar dengan bumbu ungkep kuning dan sambal dadaknya yang pedas mantap. Kisaran harganya dari Rp 6.000 saja.

Simak Video “Menyantap Nasi Uduk Kaum 58 dengan Aneka Pilihan Lauk
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version