Selasa, Oktober 8

Jakarta

Kulkas memang dapat meningkatkan masa simpan makanan. Namun, jangan terkejut karena beberapa makanan juga ada yang tetap cepat rusak meski disimpan dalam kulkas.

Teknologi kulkas memang dapat membantu meningkatkan masa simpan makanan. Namun, bukan berarti makanan-makanan itu akan bertahan selamanya. Sebagian makanan juga ada yang secara alami memang mudah rusak atau cepat basi sekalipun sudah disimpan dalam kulkas.

Melansir MSN (01/10/2024), berikut daftar 5 makanan yang masa simpannya singkat sekalipun sudah disimpan dalam kulkas:


1. Semangka potong

Semangka yang sudah dipotong lebih mudah rusak. Foto: Istimewa

Jika membeli semangka potong atau memotong semangka di rumah, sebaiknya langsung dihabiskan. Jangan dibiarkan tersisa dan disimpan dalam kulkas. Sebab, daya tahan semangka potong tidak lama.

Buah semangka utuh mungkin punya daya simpan yang bertahan lama dalam kulkas, tetapi ketika dipotong, semangka sangat mudah rusak. Setelah dipotong, air di dalam daging semangka akan hilang dan rasa manisnya juga berkurang.

Jika terlanjur membeli atau memotong semangka, simpanlah di dalam wadah kedap udara. Semangka potong ini juga sebaiknya dimakan dalam tiga sampai lima hari.

2. Nasi

Nasi putih juga tidak bertahan lama, sekalipun disimpan dalam kulkas. Foto: Getty Images/iStockphoto/kazoka30

Nasi yang menjadi makanan pokok banyak orang Asia ini juga punya umur simpan pendek sekalipun disimpan dalam kulkas.

Setelah memasak nasi, sebaiknya langsung dihabiskan dengan cepat, setidaknya satu atau dua hari setelah dimasak.

Selain tekstur dan kualitasnya akan menurun, nasi yang disimpan dalam kulkas juga bisa tumbuh spora atau bakteri disebut Bacillus cereus. Bakteri itu bisa menyebabkan penyakit gastrointestinal.

Spora tersebut tahan panas dan tidak mati sekalipun nasi dihangatkan kembali. Lebih parahnya, bakteri dapat tumbuh di suhu yang dingin atau di kondisi ketika nasi dibiarkan di zona berbahaya, antara 4 sampai 60 derajat celcius.

Makanan lain yang punya umur simpan pendek dapat dilihat pada halaman selanjutnya!

Simak Video “Melihat Pameran Food & Hospitality Indonesia 2024 di JIEXPO Kemayoran
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version