Rabu, Oktober 2

Jakarta

Pada 2 Oktober, Bulan dan Matahari akan menghasilkan ‘cincin api’ yang mempesona di langit. Gerhana Matahari cincin akan menjadi pemandangan yang luar biasa.

Namun, tidak semua orang bisa menyaksikan fenomena langka ini, termasuk para pengamat langit di Indonesia. Gerhana Matahari cincin 2 Oktober hanya bisa dilihat di Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudra Pasifik, Atlantik, dan Antartika. Jangan sedih, sejumlah situs menyediakan tayangan live streaming untuk kalian yang tidak ingin melewatkan fenomena ini.

Selama gerhana Matahari annular, Bulan tampak sedikit lebih kecil dari Matahari. Dengan demikian, Bulan tidak menghalangi seluruh cakram Matahari seperti yang terjadi selama gerhana Matahari total.


Sebaliknya, bayangan Bulan menutupi sebagian besar cakram, menyisakan tepi luar, dan menghasilkan ‘cincin api’ yang indah. Pada 2 Oktober, Bulan akan menutupi sekitar 93% cakram Matahari pada titik gerhana terbesar.

Proses gerhana akan mulai terjadi pada 17:15 UTC 2 Oktober 2024 atau 00:15 WIB dini hari pada 3 Oktober 2024. Nah, kalian bisa menyaksikan berbagai tahapan gerhana Matahari secara lengkap lewat tayangan live streaming yang bisa ditonton di link situs-situs berikut ini:

Time and Date

[Gambas:Youtube]

Earth Sky

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]


(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version