Minggu, Juni 30


Jakarta

Cara menyimpan ban serep mobil harus diperhatikan agar tidak cepat rusak. Hal ini penting untuk berjaga-jaga ketika terjadi masalah di perjalanan.

Bukan sekadar membawanya, ban serep mobil harus disimpan di tempat yang tepat. Jangan sampai saat dibutuhkan kondisi ban cadangan tidak optimal dan menambah masalah perjalanan untuk kedua kalinya.

Pengendara harus meletakkan dan menyediakan penyimpanan ban serep di tempat kering dan jauh dari bahan kimia. Meletakkannya di bagian belakang mobil juga bisa menjadi bumper penahan saat terjadi benturan.


Cara Menyimpan Ban Serep Mobil agar Tetap Awet

Dilansir dari laman Suzuki, berikut cara menyimpan dan merawat ban mobil agar tetap awet dan optimal saat dibutuhkan di kondisi darurat.

1. Menyimpan di Tempat Kering

Tempat yang lembab dapat menyebabkan ban serep mobil cepat rusak. Daya tahannya akan semakin menurun ketika diletakkan di tempat yang lembab.

2. Menghindari Paparan Matahari Langsung

Ban serep mobil yang terpapar sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama akan menjadi rapuh. Hal ini akan menimbulkan kerusakan ban dengan potensi tinggi. Pengendara akan merasa tidak nyaman jika menggunakan ban serep ini saat di perjalanan.

3. Tidak Meletakkan di Tempat Lembab

Kelembaban ruangan sangat berpengaruh pada kualitas ban serep mobil. Bahkan ban yang masih terpasang di mobil dan diletakkan di ruangan lembab dapat menyebabkan velg cepat rusak. Elastisitas ban juga menurun seiring berjalannya waktu.

4. Menghindari Bahan Kimia

Menyimpan ban serep mobil sebaiknya di tempat yang jauh dari bahan kimia. Pasalnya bahan kimia dapat merusak karet ban dan mengurangi daya tahannya. Hal ini akan mengurangi kenyamanan pengendara selama perjalanan.

5. Mengetahui Posisi Meletakkan Ban yang Benar

Apabila ban serep mobil sedang diletakkan di gudang, pastikan agar posisinya vertikal atau sejajar. Hal ini akan membantu ban tetap kokoh walaupun disimpan dalam waktu lama. Sedangkan jika sudah dipasang velg dapat diletakkan secara bertumpuk untuk menjaga karet ban tetap awet.

Cara Merawat Ban Serep agar Tidak Cepat Rusak

Selain cara menyimpan ban serep, merawat ban serep tidak kalah penting untuk menjaga kualitasnya. Lalu bagaimanakah cara merawat ban serep yang tepat?

1. Memeriksa Tekanan Udara Ban secara Berkala

Sebagai cadangan di kondisi darurat, tekanan ban harus diperhatikan agar selalu siap saat digunakan. Ban serep yang disimpan dan ditumpuk terlalu lama akan kehilangan tekanan udaranya secara perlahan. Sesuaikan tekanan udara dengan standar dari pabrik agar perjalanan terasa nyaman.

2. Melakukan Rotasi Ban

Dikutip dari laman Dunlop, rotasi pada ban utama dan ban serep penting agar karet ban tidak mudah rapuh. Tukarkan ban yang awalnya di depan menjadi di belakang dan sebaliknya untuk meratakan keausan. Lakukan beberapa bulan sekali agar ban serep nyaman digunakan untuk perjalanan.

3. Membersihkan Ban secara Rutin

Cara membersihkan ban serep mobil cukup mudah yaitu hanya dengan lap kering. Bersihkan secara berkala untuk menghilangkan debu dan kotoran lainnya. Cara ini efektif untuk menjaga kondisi ban serep tetap optimal dan nyaman ketika digunakan.

Demikian cara menyimpan dan merawat ban serep mobil yang tetap agar tetap awet saat akan digunakan. Cara memasang ban serep yang tidak tepat dapat menyebabkan ban cacat bahkan rusak. Pastikan selalu membawa dongkrak dan kunci roda yang sesuai di mobil agar kondisi velg dan ban tetap aman.

(fds/fds)

Membagikan
Exit mobile version