Sabtu, Oktober 19


Jakarta

Taman Nasional Baluran seringkali dijuluki sebagai Africa Van Java atau Little Africa In Java. Bukan tanpa alasan, hal itu karena taman nasional ini mempunyai bentang alam yang mirip dengan Afrika.

Traveler bisa melihat padang savana luas yang penuh dengan satwa liar, seperti rusa, kerbau, banteng, monyet ekor panjang, dan burung merak. Selain sawanya terdapat sekitar 444 jenis tumbuhan yang tergolong ke dalam 87 familia.

Baluran terletak di tengah-tengah Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi. Untuk menuju destinasi ini, traveler terlebih dahulu bisa berkendara ke arah Surabaya.


Kamu bisa menuju dengan menaiki pesawat atau kereta. Kemudian sambung perjalanan dengan menyewa mobil.

Naik Pesawat

Untuk traveler yang mau naik pesawat, bisa memilih tujuan Surabaya. Mengutip salah satu laman agen travel, harga tiket pesawat Jakarta-Surabaya adalah sekitar Rp 999.671- Rp 1.571.000. Durasi perjalanannya yaitu sekitar 1 setengah jam.

Setelah sampai di Surabaya, kamu bisa melanjutkan dengan menyewa mobil. Mengutip laman Indonesia Travel Kemenparekraf, dari Surabaya, begini rute menuju Taman Nasional Baluran:

  • Ambil Jalan Pantura Timur lewat Kota Pasuruan, Probolinggo Situbondo
  • Setelah Banyuputih, belok ke arah selatan
  • Setelah sampai di Desa Wongsorejo, belok kiri hingga bertemu tanda: Pusat Pengunjung yang merupakan gerbang masuk Taman Baluran.

Naik Kereta

Traveler juga bisa naik kereta dengan memilih tujuan Stasiun Surabaya Gubeng. Perjalanan akan memakan waktu selama 10 jam setengah. Adapun harga tiketnya sekitar Rp 560.000-Rp 2.500.000. Setelah sampai di Stasiun Surabaya, kamu bisa meneruskan perjalanan dengan menyewa mobil.

Ada Apa Saja di Taman Nasional Baluran?

Menurut laman Baluran National Park, Taman Nasional Baluran merupakan kawasan pelestarian alam dengan ekosistem yang masih asli.

1. Pantai Bama

Kamu bisa menikmati keindahan pantai di area Taman Nasional Baluran. Pantai ini menyajikan hamparan pasir putih dan air yang jernih.

Menariknya, kamu bisa menyusuri hutan mangrove dengan melewati jembatan pandang. Pecinta diving dan snorkeling juga dapat menikmati pemandangan bawah laut Pantai Bama yang cantik!

2. Savana Bekol

Savana Bekol merupakan kawasan padang rumput yang ada di Taman Nasional Baluran. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi, Savana Bekol mempunyai luas sekitar 300 hektare. Padang rumput inilah yang disebut dengan Africa Van Java.

3. Flora dan Fauna

Menurut Pemkab Banyuwangi, Taman Nasional Baluran menjadi ekosistem bagi 715 jenis flora, 28 jenis mamalia, 234 jenis burung, dan 358 jenis ikan. Untuk menjaga populasinya, flora dan fauna di taman nasional ini dilindungi dan dikembangbiakkan.

Itulah informasi mengenai cara menuju Taman Nasional Baluran dari Jakarta. Semoga informasi ini membantumu traveler.

(elk/row)

Membagikan
Exit mobile version