Jumat, Oktober 11

Jakarta

Fried chicken atau ayam goreng krispi kemarin malam masih sisa? Jangan dibuang! Kamu bisa menghangatkan kembali dan bisa membuatnya tetap renyah.

Dalam artikel ini akan kita ulas cara menghangatkan yang benar agar tetap krispi, serta apakah aman menghangatkan kembali fried chicken. Ketahui juga tips menjaga kerenyahan ayam goreng agar tahan lama.

Cara Menghangatkan Lagi Fried Chicken

Dikutip dari NDTV, berikut ini 4 cara menghangatkan lagi fried chicken biar tetap krispi, lengkap dengan langkah-langkahnya.


1. Pakai Oven

Cara pertama adalah menggunakan oven. Pertama-tama, panaskan dulu oven pada suhu sekitar 204°C.

Keluarkan fried chicken dari kulkas, lalu tempatkan di wadah loyang oven. Panaskan selama 10-30 menit agar ayam goreng krispi bisa mencapai suhu kamar dan panas secara merata.

2. Pakai Microwave

Selain oven, kamu juga bisa menggunakan microwave yang lebih efisien waktu. Tapi kamu harus mendiamkannya dulu di suhu ruang sekitar 10-30 menit.

Letakkan fried chicken di piring, kemudian panaskan di microwave sekitar 30 detik. Jika memanaskan terlalu lama di microwave, hasilnya akan kering. Dibandingkan oven, hasil pemanasan microwave kurang renyah.

3. Pakai Air Fryer

Air fryer kini banyak digunakan karena kemampuannya yang bisa menggoreng tanpa minyak, sehingga lebih sehat. Alat ini juga bisa dipakai untuk menghangatkan lagi fried chicken.

Caranya adalah dengan memanaskan air fryer pada suhu 190°C. Sambil menunggu panas, keluarkan fried chicken dari kulkas dan biarkan di suhu ruang selama 10-20 menit.

Setelahnya, masukkan ayam goreng ke dalam air fryer. Masaklah selama 5-6 menit. Sesekali ayam goreng dibolak-balik agar panas lebih merata.

4. Goreng di Wajan

Jika tidak punya alat-alat di atas, kamu masih bisa menghangatkan lagi fried chicken menggunakan wajan dan kompor biasa. Pertama-tama, panaskan minyak ke dalam wajan dengan api sedang hingga tinggi.

Jika minyak sudah panas sekitar suhu 148°C hingga 150°C, masaklah selama 2 hingga 3 menit sampai setiap sisinya panas dengan sempurna. Jika ada banyak makanan yang perlu digoreng, masukkan sedikit demi sedikit agar panasnya lebih merata.

Amankah Menghangatkan Lagi Fried Chicken?

Secara singkat, menghangatkan lagi fried chicken aman dilakukan. Dikutip dari Country Living, hal ini masih tergolong aman, tapi ada syarat-syarat yang harus diperhatikan.

Syarat ini antara lain ayam tersebut sudah dimasak dengan kondisi benar-benar matang. Kemudian ayam goreng juga dibungkus dengan baik dan sudah didinginkan di kulkas.

Tanpa ditaruh dalam kulkas pun, ayam goreng juga masih aman dimakan, asalkan tidak lebih dari dua jam berada di suhu antara 4°C hingga 60°C. Di suhu ini, bakteri dapat berkembang biak dengan sangat cepat.

Tips Agar Fried Chicken Tetap Krispi

Buat detikers yang ingin membuat ayam goreng krispi, berikut ini beberapa tips agar bisa renyah lebih lama, seperti dikutip dari Medium:

1. Gunakan Tepung Krispi

Untuk membuat ayam goreng renyah, tentunya kamu membutuhkan tepung krispi. Lapisan ini akan menyegel kelembapan dan mencegah makanan menjadi lembek, sehingga tetap renyah meski sudah dingin. Terkadang kamu harus mencoba beberapa produk untuk mengetahui keunggulannya.

2. Goreng pada Suhu yang Tepat

Tak hanya tepung, kunci mendapatkan kerenyahan adalah proses penggorengan dengan suhu tepat, yaitu sekitar 176-190°C.

Jika minyak terlalu panas, makanan bisa gosong dan terlalu renyah. Jika minyak kurang panas, makanan akan menyerap terlalu banyak minyak dan justru menjadi lembek.

3. Saat Menggoreng, Jangan Terlalu Penuh

Selain suhu, proses penggorengan juga harus memperhatikan volumenya. Jangan menggoreng dengan memenuhi tempat penggorengan. Hal ini akan menurunkan suhu dan membuat makanan tidak panas secara optimal. Gorenglah beberapa potong dalam satu waktu agar ada cukup ruang bagi minyak untuk bersirkulasi.

4. Gunakan Rak Kawat/Besi

Pastikan minyak dalam ayam goreng terbuang setelah penggorengan, sebab minyak yang terjebak di dalam justru akan membuatnya lembek. Maka buatlah rak kawat atau besi untuk meniriskan ayam goreng yang baru saja digoreng. Jangan taruh di tisu atau piring.

5. Simpan dalam Penghangat

Jika fried chicken memang tidak langsung disajikan, simpanlah di tempat hangat. Salah satu caranya adalah meletakkan gorengan di rak kawat di dalam oven dengan suhu rendah, sekitar 90°C-120°C.

Di suhu panas rendah, makanan tetap hangat tanpa membuatnya tambah matang. Hal ini juga dilakukan di restoran fried chicken cepat saji.

6. Simpan dengan Benar

Jika ingin menyimpan dalam waktu semalaman atau waktu lebih lama, penting untuk menyimpannya dengan benar agar tetap renyah.

Simpanlah ayam goreng di dalam wadah kedap udara dan letakkan di kulkas. Lalu sebelum disantap, panaskan di oven untuk mendapatkan kerenyahan yang optimal.

Nah, itulah cara-cara menghangatkan lagi fried chicken agar tetap krispi, lengkap dengan tips membuat fried chicken agar renyah lebih lama.

(bai/inf)

Membagikan
Exit mobile version