Rabu, Juni 26

Jakarta

Di era ‘Internet of Things’ yang serba canggih ini sangat mungkin semuanya diatur dalam sebuah perangkat smartphone. Konsep smart home (rumah pintar) misalnya.

Dilansir dari TechTarget (13/6/2024), smart home adalah tempat tinggal berbasis teknologi yang terhubung dengan internet dalam sebuah sistem. Teknologi ini memungkinkan pemilik rumah, untuk melakukan pemantauan dan pengelolaan jarak jauh pada perabotan sebagai perangkat smart home.

Salah satu aplikasi pengatur smart home yang diluncurkan Google adalah Google home. Selain mengatur perabotan rumah, aplikasi ini juga membuatmu merasa seperti memiliki asisten virtual pribadi yang mengatur urusan rumah.


Apa Itu Google Home?

Jika kamu membayangkan Tony Stark di film Avengers yang memiliki asisten virtual pribadi, seperti itukah kira-kira konsep Google home ketika menjadi asisten pribadimu saat mengatur rumah.

Tetapi aplikasi Google Home yang tersedia di HP hanyalah penghubung dengan perangkat ketiga pada smart home. Mengutip dari laman resmi Google (13/6/20204), Google Home digunakan untuk perangkat Google seperti Google Nest atau Nest Thermostat.

Dari catatan detikInet, Google Nest merupakan speaker pintar yang bisa kamu jadikan semacam asisten rumah tangga cerdas. Sementara itu Nest Thermostat adalah termostat pintar, yang digunakan untuk mengatur suhu ruangan di rumah.

Google Nest Home Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Selain itu kamu juga bisa menghubungkan Google Home dengan perangkat dari perusahaan lain seperti lampu, kamera, layar, router Wi-Fi, dan berbagai perangkat smart home lain.

Syaratnya perangkat tersebut kompatibel dengan google home, untuk memeriksa kompatibilitas perangkat, carilah badge kompatibel dengan Google Home atau Matter.

Cara Menggunakan Google Home

Setelah kamu menyiapkan perangkat yang kompatibel dengan Google Home, langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat tersebut dengan Google Home.

Berikut langkah-langkah menggunakan Google Home:

  1. Unduh aplikasi Google Home pada Play Store atau App Store di smartphone.
  2. Buka aplikasi Google Home.
  3. Ketuk bagian ‘Perangkat’ lalu ketuk logo ‘+’ atau tambahkan.
  4. Kemudian ikuti langkah-langkah dalam aplikasi untuk menyelesaikan persiapan.
  5. Setelah perangkat terhubung, kamu bisa mengatur seluruh perangkat yang terhubung meliputi pengaturan jadwal, menggunakan perintah suara, atau dengan aplikasi Google Home.

Fitur Google Home

Mengutip dari laman Google, Google Home dapat mengontrol lebih dari 50.000 perangkat smart home yang tersedia. Berikut penjelasan mengenai fitur kontrol perangkat pada Google Home.

  • Speaker dan layar Google Nest dan Home: Mengontrol volume speaker dan EQ (ekualisasi), atau mengakses setelan. Kamu juga dapat memutar, menjeda, melewati atau mengulangi bagian lagu, podcast, atau buku audio, atau menghentikan transmisi.
  • Pixel Tablet (khusus mode hub): Mengontrol volume dok speaker Pengisi Daya dan menghentikan transmisi.
  • Kamera: Melihat streaming video live dari kamera yang kompatibel. Kamera yang lebih baru juga memungkinkan kamu mengubah setelan dan histori tampilan.
  • Termostat: Menyesuaikan suhu termostat yang kompatibel, mengubah mode, dan memeriksa suhu ruangan. Bergantung pada model termostat, kamu mungkin dapat mengubah setelan lainnya.
  • Perangkat Chromecast: Mengontrol volume layar atau mengakses setelan. Pengguna juga bisa memutar, menjeda, melewati, atau mengulangi bagian video, film, atau acara TV, atau menghentikan transmisi.
  • Lampu: Menyalakan dan mematikan lampu smart yang kompatibel serta menyesuaikan kecerahannya, jika didukung.
  • Steker smart: Menyalakan dan mematikan steker smart yang kompatibel.

Perangkat tersebut juga bisa dikontrol oleh semua penghuni rumah, dan dikontrol jarak jauh melalui aplikasi Google Home.

Itu dia ulasan mengenai kecanggihan Google Home yang memudahkanmu dalam mengatur perabotan rumah. Semoga bermanfaat.

Simak Video “Melihat Antartika Masa Depan dalam Game ‘Antartika Metaverse’
[Gambas:Video 20detik]

(khq/khq)

Membagikan
Exit mobile version