Jumat, November 1

Jakarta

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Namun, seiring meningkatkan popularitas aplikasi ini banyak pengguna yang menghadapi masalah berupa pesan spam yang mengganggu.

Pesan spam bisa berupa tautan mencurigakan atau penawaran dari pengirim tidak dikenal. Lantas, bagaimana cara mengatasi adanya pesan spam di WA?

Cara Mengatasi Adanya Pesan Spam di WA

Jika mendapatkan pesan spam di WhatsApp, kamu bisa melakukan beberapa langkah untuk menghentikannya. Mengutip laman Pusat Bantuan WhatsApp, Android Police, dan lainnya, berikut cara mengatasi adanya pesan Spam d WA:


1. Hentikan Percakapan

Jika kamu menemukan adanya pesan spam di WA, jangan balas percakapan. Apabila benar-benar tidak bisa memverifikasi identitas kontak, jangan bagian informasi pribadi apapun atau keuangan apapun.

2. Blokir dan Laporkan

Agar tidak lagi menerima pesan spam, kamu bisa memblokirnya dengan mudah. Begini caranya:

Cara Blokir melalui Android

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih percakapan dengan kontak yang ingin diblokir
  • Klik menu titik tiga di sudut kanan atas
  • Pilih Lainnya
  • Klik Blokir
  • Klik Laporkan Kontak
  • Klik Blokir.

Cara lainnya adalah:

  • Klik nama kontak
  • Gulir ke bawah
  • Klik Blokir.

Untuk kontak yang tidak dikenal, kamu bisa langsung klik Blokir di bawah layar percakapan.

Cara Blokir melalui iPhone

  • Buka WhatsApp
  • Buka percakapan yang ingin diblokir
  • Klik nama kontak untuk membuka menu info kontak
  • Gulir ke bawah
  • Pilih Blokir
  • Pilih Laporkan
  • Klik Laporkan dan Blokir untuk mengonfirmasi.

Pada akun WhatsApp Business, untuk memblokir dan melaporkan kontak. Namun, kamu harus memilih alasan pemblokiran, seperti:

  • Pesan tak pantas
  • Tidak diperlukan lagi
  • Spam
  • Tidak mendaftar untuk bisnis ini
  • Lainnya

3. Perbarui Pengaturan Privasi dan Keamanan

Pengguna bisa memilih salah satu opsi privasi untuk menentukan siapa saja yang bisa melihat status terakhir dan online, foto profil, status, atau yang bisa memasukkan ke grup. Berikut pilihannya:

  • Semua orang
  • Kontak saya
  • Kontak saya, kecuali
  • Tidak ada.

Dengan begitu, pengguna bisa membatasi orang-orang yang menjangkau kontak. Sehingga, hal ini bisa meminimalisir ditemukannya pesan spam.

4. Bisukan Telepon dari Nomor Tak Dikenal

Cara selanjutnya adalah membisukan telepon dari nomor tak dikenal. Begini caranya:

  • Klik Pengaturan
  • Pilih privasi
  • Klik Panggilan
  • Aktifkan Bisukan penelepon tidak dikenal.

5. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur yang memberi keamanan tambahan pada akun WhatsApp. Cara mengaktifkan verifkas dua langkah yaitu:

  • Buka Pengaturan WhatsApp
  • Klik Akun, pilih Verifikasi Dua Langkah
  • Klik Nyalakan
  • Masukkan PIN 6 Digit, konfirmasi
  • Masukkan alamat email yang bisa diakses
  • Klik Lanjut
  • Konfirmasi alamat email.

Tanda-tanda Pesan Mencurigakan atau Penipuan

Terdapat beberapa petunjuk bahwa sebuah pesan perlu diwaspadai. Berikut di antaranya:

  • Pengirim memberi pesan dengan kesalahan ketik atau tata bahasa
  • Pengirim memintamu mengetuk sebuah tautan atau mengunduh aplikasi
  • Pengirim memintamu membagikan informasi pribadi, seperti rekening bank, tanggal lahir, atau kata sandi
  • Pengirim memintamu meneruskan pesan
  • Pengirim meminta uang atau mengklaim bahwa kamu harus membayar agar bisa menggunakan WhatsApp
  • Pengirim berpura-pura menjadi seseorang yang kamu kenal
  • Pesan berisi info mengenai lotre perjudian, pekerjaan, investasi, atau pinjaman
  • Pengirim memulai chat untuk mendapat kepercayaan sebelum meminta informasi pribadi.

Itulah beberapa cara mengatasi adanya pesan spam di WA. Semoga informasi ini membantumu.

(row/row)

Membagikan
Exit mobile version