Sabtu, September 28


Jakarta

Croissant, jenis viennoiserie yang banyak dikonsumsi di dunia. Untuk menikmatinya, ada beberapa cara makan croissant sesuai table manner yang dibagikan pakar etiket ini.

Croissant kini ditawarkan di banyak kafe, restoran, hingga coffee shop. Tak menutup kemungkinan, croissant juga menjadi bagian menu jamuan makan formal sehingga dianjurkan untuk disantap mengikuti table manner.

Mempraktikkan table manner akan membuat peserta jamuan makan terlihat lebih elegan dan rapi saat bersantap, termasuk ketika menikmati croissant yang teksturnya cenderung renyah dan rapuh ini.


Pakar etiket Ellen Tendean, melalui unggahan Instagram @ellen.tendean (15/6/2024), mengungkap cara makan croissant yang tepat dalam jamuan makan formal. Cara makan ini terdiri dari beberapa hal bergantung jenis dan cara penyajian croissant.

Berikut di antaranya:

1. Croissant tanpa isi (plain)

Foto: Instagram ellen.tendean

Croissant plain, keju, atau almond termasuk jenis yang paling banyak dinikmati. Cara makannya bukan dipotong dengan pisau garpu atau digigit langsung, melainkan disobek kecil seukuran sekali suap.

Jika croissant plain disajikan dengan mentega atau selai, maka setelah menyobek croissant, jangan langsung mencocolnya. Namun oleskan butter atau selai itu dengan pisau ke sobekan croissant.

2. Pain au chocolat

Foto: Instagram ellen.tendean

Pain au chocolat atau roti pastry dengan isian cokelat juga populer dinikmati bersama croissant. Untuk menikmatinya, kamu perlu memotong sedikit dulu dengan pisau dan garpu untuk memastikan isiannya tidak meleleh.

“Kalau tidak meleleh bisa lanjut sobek dan makan pakai tangan. Kalau dia meleleh, maka pakai pisau dan garpu,” kata Ellen Tendean.

3. Croissant sandwich

Foto: Instagram ellen.tendean

Penyajian croissant tak hanya dengan topping atau isian saja, tapi juga sebagai sandwich dimana croissant diberi isian gurih seperti keju, bacon, dan telur. Makan croissant ini pun ada triknya.

Menurut Ellen Tendean, perlu menggunakan pisau dan garpu seperti makan steak. Croissant pun tinggal dinikmati perlahan.

Video etiket makan croissant menurut Ellen Tendean ini sudah mendapat lebih dari 70 ribu tanda suka (likes) dari netizen. Banyak dari mereka merasa tercerahkan usai mengetahui ilmu baru ini.

“Ilmu mahal ini, terima kasih bu,” kata seorang netizen. “Kalau makan di rumah ya makan aja senyamannya, kalau di luar rumah ya gunakan table manner yang benar ya gaes,” sahut netizen lain.

[Gambas:Instagram]

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version