Rabu, Oktober 2

Jakarta

Pengguna WhatsApp (WA) dapat menggunakan akun yang sama di beberapa hp berbeda. Fitur yang diluncurkan pada tahun 2023 ini merupakan perluasan fitur multi-device yang diluncurkan WhatsApp sebelumnya.

Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa beralih di antara beberapa ponsel tanpa perlu keluar dan melanjutkan chat. Lantas, bagaimana cara menggunakan di WA di 2 HP berbeda dengan nomor sama?

Cara Gunakan WhatsApp di 2 HP dengan Nomor sama

Menurut WhatsApp, akun pengguna akan terhubung dengan masing-ponsel yang tertaut secara mandiri. Jadi, jika salah satu ponsel mati, WhatsApp bisa digunakan di ponsel lainnya.


“Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, karyawan Anda kini dapat langsung menjawab pesan pelanggan langsung dari ponsel mereka dengan akun WhatsApp Business yang sama,” kata WhatsApp dalam keterangan resminya (26/4/2023), mengutip arsip detikInet.

Mengutip laman Pusat Bantuan WhatsApp, berikut cara gunakan WhatsApp di 2 HP dengan nomor sama.

1. Download WhatsApp di HP kedua (Android/iPhone) yang ingin ditautkan
2. Buka WhatsApp, klik Setuju dan Lanjutkan
3. Klik ikon titik tiga, klik Tautkan sebagai perangkat pendamping
4. Kode QR akan ditampilkan
5. Buka WhatsApp di HP utama

Jika Android:

  • Klik ikon titik tiga, pilih Perangkat Tertaut
  • Klik Tautkan Perangkat

Jika iPhone:

  • Klik Pengaturan WhatsApp, pilih Perangkat Tertaut
  • Klik Tautkan Perangkat

6. Buka kunci hp
7. Pindai kode QR di HP kedua dengan hp utama

Ketentuan Penggunaan WhatsApp di 2 HP dengan Nomor Sama

Berikut beberapa ketentuan dalam penggunaan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat. Mulai dari tentang sinkronisasi pesan hingga fitur yang tidak didukung.

1. Pesan akan Disinkronisasi dalam Setahun Terakhir

WhatsApp akan mensinkronisasi pesan dan chat antar perangkat dalam setahun terakhir. Pesan akan tersinkronisasi terlepas dari sistem operasi yang digunakan, apakah dari Android ke iOS atau sebaliknya.

2. Bisa Digunakan hingga 4 Perangkat

Cara ini tak hanya bisa digunakan untuk menautkan empat HP sekaligus. Meski begitu, ponsel pertama akan dihitung sebagai hp utama.

Jika ponsel utama tidak aktif selama 14 hari, WhatsApp akan me log out akun dari perangkat lain. Jadi, pengguna perlu masuk ke hp utama setiap 14 hari agar perangkat tertaut tetap terhubung ke akun WhatsApp. Jika ingin keluar, pengguna bisa log out secara manual.

3. Dilindungi dengan Enkripsi End-to-End

Semua pesan, media, dan panggilan pengguna akan dilindungi dengan enkripsi end-to-end

4. Beberapa Fitur Tidak Didukung di HP kedua/Pendamping

Ada beberapa fitur yang tidak didukung di HP pendamping, yaitu fitur lokasi terkini dan tambah status. Sehingga, pengguna tidak bisa membagikan lokasi terkini ataupun mengunggah status di perangkat tersebut.

Itulah cara menggunakan whatsapp di 2 HP dengan nomor sama. Selamat mencobanya detikers.

[Gambas:Youtube]


(elk/row)

Membagikan
Exit mobile version