Kamis, Mei 16

Jakarta

Teknologi dapat membantu dalam mengantisipasi kemacetan selama arus balik mudik Lebaran 2024. Berikut adalah langkah-langkah mudah menggunakan aplikasi pemantau CCTV online untuk mengawasi arus mudik Lebaran.

Memantau dengan CCTV online dapat memberikan informasi penting untuk memprediksi potensi kemacetan selama arus balik mudik Lebaran, terutama di jalan tol yang sering mengalami kemacetan parah.

Pemudik dapat menggunakan aplikasi Travoy untuk mengakses CCTV secara online. Travoy (Travel With Comfort and Joy) adalah sebuah aplikasi penyeia informasi dengan beragam fitur menarik yang berfungsi sebagai asisten digital untuk membantu pengguna jalan tol.


Travoy adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh PT Jasa Marga. Dilansir dari detikINET, Senin (15/4/2024) cara menggunakan aplikasi Travoy adalah sebagai berikut:

Cara Memantau CCTV Online Menggunakan Aplikasi Travoy

  • Buka Aplikasi Travoy
    Buka aplikasi Travoy di perangkat seluler kamu. Jika belum menginstal Travoy, detikers dapat mengunduhnya melalui Google Play Store atau App Store. Setelah instalasi selesai, kamu dapat memilih untuk masuk atau melanjutkan tanpa login.
  • Ketuk Menu CCTV
    Setelah login ke aplikasi Travoy, langkah berikutnya adalah mengeklik ikon CCTV. Nantinya aplikasi tersebut akan mencari CCTV yang berada di lokasi terdekat untuk kamu.
  • Pilih Ruas Jalan Tol
    Dalam aplikasi Travoy, kamu akan diberikan pilihan lokasi CCTV di sepanjang jalur tol. Kamu dapat memilih area yang ingin dipantau dengan mengklik lokasi yang detikers pilih dari daftar yang disediakan.
  • Pilih Segment
    Setelah memilih ruas jalan tol yang diinginkan, langkah berikutnya adalah memilih segment. Pilihan segment ini memungkinkan kamu untuk melihat lokasi ruas jalan tol secara lebih rinci. Namun, detikers juga dapat memilih untuk melihat secara menyeluruh dengan memilih semua segment.
  • Tampilan CCTV Sudah Bisa Terlihat
    Setelah memilih segment, detikers akan dapat melihat tampilan CCTV pada ruas jalan tol yang dipilih. Aplikasi Travoy akan menampilkan gambaran CCTV secara langsung, memungkinkan kamu untuk memantau kondisi lalu lintas secara real-time. Dengan demikian, detikers dapat memeriksa apakah terdapat kemacetan di jalur tol yang akan kamu lewati dalam perjalanan pulang ke kampung halaman.

Bagi mereka yang akan melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, aplikasi Travoy akan memberikan banyak manfaat. Dengan aplikasi ini, kamu dapat memantau kondisi jalan yang akan dilalui, sehingga jika terjadi kemacetan, kamu dapat dengan cepat mencari rute alternatif.

Travoy menyediakan akses ke CCTV online di seluruh jalan tol di Indonesia, termasuk di Sumatera, Jawa, hingga Sulawesi. Aplikasi ini tidak terbatas hanya pada lokasi sekitar pengguna. Selain itu, Travoy juga menyajikan informasi terkait tarif tol, lokasi rest area, peristiwa lalu lintas seperti perbaikan jalan, layanan cek saldo, lokasi SPBU terdekat, layanan derek online, nomor darurat, dan lain-lain.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, aplikasi Travoy juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah tidak adanya layanan CCTV online untuk jalur non tol. Selain itu, jika Travoy sedang ramai pengguna, kinerjanya bisa melambat.

Detikers juga dapat mengakses CCTV online melalui situs resmi Bina Marga Kementerian PUPR dan Badan Pengatur Jalan Tol. Berikut langkah-langkah untuk memantau CCTV menggunakan kedua situs tersebut.

Cara Memantau CCTV Online Melalui Bina Marga Kementerian PUPR:

  1. Buka website CCTV Bina Marga melalui https://binamarga.pu.go.id/contents/cctv_mudik#cctv
  2. Pilih menu CCTV Tol
  3. Kemudian kamu akan disajikan beberapa ruas jalan tol yang sudah disediakan
  4. Pilih ruas jalan tol yang kamu inginkan dengan cara klik ‘Melihat CCTV’
  5. Selanjutnya kamu sudah bisa melihat dan memantau ruas jalan tol melalui CCTV online tersebut.

Cara Memantau CCTV Online Melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT):

  1. Buka website CCTV BPJT melalui https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe
  2. Nantinya kamu akan disajikan beberapa ruas jalan tol yang sudah disediakan
  3. Pilih ruas jalan tol yang diinginkan
  4. Kamu sudah bisa melihat dan memantau ruas jalan tol yang dicari.

Dengan menggunakan akses CCTV online yang telah disediakan oleh pemerintah, para pemudik akan sangat terbantu karena dapat memantau kemacetan yang terjadi. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghindari kemacetan dengan menemukan jalur alternatif.

Selamat mudik, detikers! Semoga selamat sampai tujuan!

*Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

Simak Video “Travoy Hub, Kawasan Penghubung Transportasi Terintegrasi
[Gambas:Video 20detik]

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version