Rabu, Oktober 16

Jakarta

Detikers mungkin pernah melihat orang lain menggunakan tulisan dengan garis bawah di WA (WhatsApp). Jika kamu juga ingin menggunakan model tulisan tersebut, ada cara mudah yang bisa dilakukan tanpa perlu menginstall aplikasi.

Dalam artikel ini akan kita ulas bagaimana cara membuat tulisan dengan garis bawah di WA tanpa aplikasi. Selain itu, ada cara membuat tulisan unik lainnya di WA dengan mudah.

Membuat Tulisan Garis Bawah di WA

Cara membuat tulisan dengan garis bawah di WA adalah dengan memanfaatkan sejumlah situs yang bisa mengkonversi karakter dengan unicode. Situs yang bisa dipakai antara lain YayText dan Case Converter.


Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Yay Text atau Case Converter di browser.
  • Cari style ‘Underline’.
  • Tulis kata di kotak yang tersedia.
  • Hasilnya akan muncul di kota sebelahnya.
  • Copy teks dengan garis bawah tersebut.
  • Paste atau tempelkan teks garis bawah di WA.

Membuat Tulisan Unik Pakai Fitur WA

Tanpa membuka situs web lain, WhatsApp sudah memiliki fitur-fitur untuk membuat style tulisan unik di percakapan, seperti tulisan tebal, miring, dicoret, dan lain-lain.

1. Teks Tebal (Bold)

Teks tebal biasanya dipakai untuk membuat judul atau menegaskan sesuatu di percakapan WA. Caranya hanya dengan menambahkan simbol bintang sebelum dan sesudah teks.

Contoh: *Selamat malam*

2. Teks Miring (Italic)

Teks miring biasanya dipakai untuk menyebut istilah asing atau bahasa lain. Tapi kamu juga bisa menggunakannya untuk mempercantik tulisan. Caranya cukup dengan menambahkan simbol garis bawah sebelum dan sesudah teks.

Contoh: _Selamat malam_

3. Teks Dicoret (Strikethrough)

Detikers juga bisa membuat efek tulisan seperti dicoret atau seakan-akan tulisan tersebut salah. Caranya adalah dengan menambahkan simbol tilde sebelum dan sesudah teks.

Contoh: ~Selamat malam~

4. Font Teks menjadi Monospace

Agar tulisan terlihat berbeda, detikers bisa mengubah font menjadi monospace yang lebih berjarak.

Caranya dengan menambahkan simbol backticks (“`) pada awal dan akhir teks. Di keyboard komputer, simbol ini berada pada tombol yang sama dengan simbol (~).

Contoh: “`Selamat malam“`

5. Efek Teks Terblokir

Kamu bisa membuat efek teks terblokir untuk menjadikannya sebagai sorotan dan menonjol dalam teks yang lebih panjang. Caranya hanya dengan menambahkan simbol tanda kurung sudut dan spasi sebelum teks.

Contoh: > Selamat malam

6. Efek Inline Code

Inline code memberikan efek background warna gelap pada teks, sehingga bisa digunakan pada teks yang disorot. Cara membuat inline code ke teks WA hanya dengan menambah satu tanda kutip terbalik (backticks) di kedua sisi teks.

Contoh: `Selamat malam`

Membuat Tulisan Unik Pakai Situs Web

Untuk membuat tulisan atau teks yang unik dan jarang dipakai orang, manfaatkanlah sejumlah situs web. Salah satu efek yang bisa dihasilkan adalah tulisan bergaris bawah yang sudah kita bahas di awal.

Selain tulisan garis bawah di WA, masih ada banyak efek yang bisa kamu gunakan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Efek Teks Berwarna

Cara membuat teks WA menjadi berwarna adalah dengan menggunakan situs Dardura. Ada beberapa font dan opsi warna yang bisa digunakan. Caranya sebagai berikut:

  • Buka situs Dardura.
  • Ketikkan teks yang akan diubah warnanya.
  • Copy teks, lalu paste di kolom percakapan WA.

2. Font Teks Gothic

Ada banyak situs yang bisa membuat efek teks menjadi font Gothic, antara lain situs Text Converter dan Yay Text. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Text Converter.
  • Pilih font Gothic.
  • Ketikkan teks yang ingin diubah font-nya.
  • Copy teks, lalu paste di kolom percakapan WA.

3. Efek Teks Terbalik

Efek unik lainnya adalah membuat teks terbalik. Salah satu situs yang bisa digunakan adalah Upside Down Text. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Upside Down Text.
  • Ketik teks yang ingin dicetak terbalik.
  • Copy teks, lalu paste teks di kolom chat WA.

Nah, itulah tadi cara membuat tulisan dengan garis bawah di WA dan berbagai efek tulisan unik yang caranya mudah tanpa aplikasi. Selamat mencoba!

(bai/inf)

Membagikan
Exit mobile version