Selasa, Juli 2

Jakarta

Game GeoGuessr adalah permainan menebak lokasi suatu tempat berdasarkan gambar jalan pada Google Maps dan Street View. Game ini cukup populer di dunia, termasuk Indonesia. Bahkan game ini dipertandingkan dalam turnamen dunia setiap tahunnya.

Game ini sebetulnya sudah ada sejak 2013 yang bisa diakses melalui website. GeoGuessr berkembang menjadi game smartphone mulai 2021 di sistem operasi Android dan iOS.

Uniknya, para pemain GeoGuessr profesional bisa menebak lokasi acak yang ada di dunia hanya dengan sedikit petunjuk. Bahkan terkadang gambar tersebut hanya terdiri dari pepohonan, rumput, dan tiang listrik.


Cara Bermain GeoGuessr

Dikutip dari situs R-Tools Technology, GeoGuessr adalah permainan pengetahuan geografi yang melibatkan bahasa, budaya, dan informasi peta. Game ini adiktif bagi orang yang hobi menjelajah atau bertualang.

Cara bermainnya cukup mudah. Di PC, detikers bisa mengaksesnya di situs GeoGuessr. Di HP, silakan unduh dan pasang lewat Play Store, AppStore atau penyedia game lainnya.

Buat akun, lalu kalian harus berlangganan terlebih dahulu. Pilih beberapa mode permainan, apakah singleplayer, multiplayer, mode klasik, atau kuis.

Secara umum, kalian harus menebak tempat pada peta berdasarkan gambar Street View. Klik lokasi pada peta sesuai tebakanmu. Sebisa mungkin, tempatkan titik pada kota yang tepat agar mendapatkan poin lebih besar.

Biaya GeoGuessr

Dulu GeoGuessr dapat dimainkan tanpa biaya, tetapi kini pengguna harus berlangganan untuk bisa memainkannya. Berikut ini biaya berlangganan GeoGuessr yang dikutip dari situs resminya pada 24 Juni 2024:

  • Pro Basic: USD 3,99 untuk berlangganan 1 bulan, USD 29,88 untuk berlangganan 1 tahun
  • Pro Unlimited: USD 4,99 untuk berlangganan 1 bulan, USD 35,88 untuk berlangganan 1 tahun
  • Pro Elite: USD 9,99 untuk berlangganan 1 bulan, USD 59,88 untuk berlangganan 1 tahun

Tips Bermain GeoGuessr

Berikut ini sejumlah tips bermain GeoGuessr yang dikutip dari GeekFlare:

1. Hilangkan Negara yang Belum Terkover Street View

Langkah pertama, tak perlu menebak negara yang belum terkover Street View. Google terus menambah jangkauannya, untuk itu selalu update mengenai hal ini.

2. Ketahui Kebiasaan Berkendara

Kamu mungkin akan dibawa ke suatu jalan, lengkap dengan kendaraannya. Ketahui kebiasaan dan aturan berkendara di setiap negara. Misalnya menggunakan lajur kiri atau kanan, atau mereka menyetir di sisi kanan atau kiri mobil.

Kamu juga bisa melihat jenis-jenis mobil yang dipakai. Ini mungkin membantu memperkecil wilayah, apakah lokasi tersebut di Eropa dan sebagainya.

Lihat juga pelat nomor kendaraannya. Google mungkin sudah membuat pelat nomor menjadi blur, tetapi detikers bisa melihat warnanya.

3. Pakai Kompas Anda

Manfaatkan kompas yang ada di sisi kiri layar. Tempatkan matahari berada di tengah layar untuk mengetahui lokasi tersebut di belahan bumi utara atau selatan. Ingat, panah merah menunjuk ke utara.

Jika matahari berada di sebelah selatan, maka mungkin lokasinya berada di sebelah utara khatulistiwa. Begitu juga sebaliknya. Tetapi hal ini mungkin kurang tepat jika lokasi berada di dekat garis khatulistiwa.

4. Cari Bahasa/Aksara di Papan Nama

Cara jitu lainnya adalah dengan mencari papan nama, spanduk, dan sebagainya. Dari tulisan yang tertera, kita bisa memperkirakan lokasi berdasarkan bahasanya. Selain itu, beberapa negara memiliki aksara khusus, seperti Jepang, Rusia, China, dan Korea.

5. Cek Simbol Internasional pada Rambu Jalan

Cek juga simbol-simbol internasional, terutama pada rambu jalan. Misalnya di Eropa, kamu akan melihat garis putih di tengah jalan. Garis antara dua jalur lalu lintas di Amerika Serikat biasanya berwarna kuning.

Di Brasil, misalnya, nama-nama jalan yang diurus oleh negara bagian akan mencantumkan nama negara bagian. Ini akan disingkat menjadi MG untuk negara bagian Minas Gerais dan RJ untuk ibu kota, Rio de Janeiro.

Alternatif Game Gratis Seperti GeoGuessr

GeoGuessr tentu menarik dimainkan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya pengguna game ini. Tapi kini GeoGuessr memerlukan biaya untuk berlangganan. Dikutip dari Beebom, berikut ini beberapa alternatif game gratis mirip GeoGuessr yang bisa kalian coba:

1. Geohub

Alternatif GeoGuessr yang gratis adalah Geohub. Game ini mirip dengan GeoGuessr, baik dari segi tampilan maupun cara bermainnya. Kalian cukup membuat akun dari alamat email dan langsung bisa memainkannya secara gratis.

2. City Guesser

Alternatif selanjutnya adalah City Guesser yang bisa diakses di situs website-nya. Permainan ini juga menggunakan mesin Google Maps. Lokasi yang bisa dimainkan yaitu Eropa, atau khusus Inggris dan Prancis. Di sini detikers harus menebak nama kotanya.

3. Geotastic

Geotastic adalah game trivia geografi yang juga menarik. Beberapa mode permainan yang bisa dipilih, antara lain pemandangan jalan acak, tanda populer, dan menebak bendera. Kamu bisa bermain gratis, namun sebaiknya kamu berdonasi agar permainan ini bisa terus berkembang.

4. Seterra

Agak berbeda dari game GeoGuessr, Seterra adalah game peta buta. Kamu diminta mengklik suatu daerah berdasarkan nama negara yang sudah ditentukan. Atau sebaliknya, kamu diminta menulis nama tempat yang ditandai pada peta.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai game GeoGuessr, mulai dari cara bermain, biaya langganan, tips agar menang, hingga alternatif game lain yang gratis.

(bai/row)

Membagikan
Exit mobile version