Senin, September 30


Jakarta

Brokoli yang enak masih berwarna hijau cerah dengan tekstur renyah. Tak hanya bagian kuntumnya, batang brokoli ternyata juga enak. Begini cara memasaknya!

Banyak orang memasak brokoli hanya menggunakan bagian kuntumnya saja. Padahal, seluruh bagian brokoli bisa dikonsumsi dan rasanya juga enak.

Dilansir dari Mirror (9/6), sayuran hijau satu ini juga kaya akan nutrisi. Faktanya, brokoli sebanyak 100 gram saja sudah menyediakan 14 persen vitamin C dan 10 persen vitamin B6.


Brokoli juga bisa menjadi alternatif makanan tinggi serat dan rendah lemak. Kandungan ini menjadikan brokoli dapat dinikmati sebagai lauk yang enak untuk menurunkan berat badan.

cara masak brokoli bagian batangnya Foto: tiktok/istock

Sebuah akun TikTok My Real Food membagikan resep sehatnya memasak brokoli. Ia juga memberikan tips untuk tidak membuang batang brokoli saat memasaknya.

“Yang perlu dilakukan hanyalah merendam kepala brokoli ke dalam air mendidih dan kemudian kamu bisa memotong bagian kuntumnya dengan sangat mudah dan cepat,” kata pemilik akun TikTok.

Jadi, tak perlu memisahkan batang brokoli dari bagian kepalanya. Setelah matang barulah dipisahkan, batang itu kemudian dipotong memanjang.

Batang brokoli juga tak kalah enak dari bagian kuntumnya. Batang brokoli itu bsia dijadikan tumisan yang lezat untuk lauk makan nasi.

Tekstur batang brokoli itu mirip dengan labu atau pepaya muda. Enaknya disantap ketika teksturnya masih agak renyah.

Selain rasanya yang enak, batang brokoli juga menyimpan beragam nutrisi sehat. Di antaranya mengandung banyak kalsium, zat besi, dan vitamin C. Kandungan ini jumlahnya lebih besar dibandingkan kuntumnya.

cara masak brokoli bagian batangnya Foto: tiktok/istock

Banyak netizen yang memberikan reaksi pada video tips memasak brokoli itu. Beberapa di antaranya memuji pengguna TikTok dengan memberikan komentar, “Akhirnya ada orang yang menggunakan batang brokoli dan menjadikannya bagian yang penting.”

“Ini (batang brokoli) benar enak. Bahkan saya bisa memakannya mentah, rasanya renyah dan agak manis,” komentar netizen lainnya.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version