Selasa, Oktober 15

Jakarta

Google mulai merilis tiga fitur Theft Protection untuk semua pengguna Android di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Begini cara mengaktifkannya untuk melindungi ponsel Android yang dijambret atau hilang.

Tiga fitur yang dimaksud adalah Theft Detection Lock, Offline Device Lock, dan Remote Lock yang berguna untuk melindungi data pribadi pengguna saat ponsel dicuri. Fitur-fitur ini sudah tersedia untuk sejumlah perangkat Android di beberapa negara sejak pekan lalu, tapi kini Google memperluas ketersediaannya.

Menurut pantauan detikINET, fitur Theft Detection Lock dan Offline Device Lock sudah tersedia di Google Pixel 7 Pro dan Realme 13 Pro+ di Indonesia. Sayangnya, untuk fitur Remote Lock baru bisa diakses di Google Pixel 7 Pro.


Fitur Theft Detection Lock akan langsung mengunci layar dan meminta autentikasi ketika ponsel terdeteksi dirampas orang lain saat digunakan dan dibawa lari. Fitur ini memanfaatkan sensor perangkat, Wi-Fi dan koneksi dengan perangkat pintar.

Sementara itu, fitur Offline Device Lock akan mengunci ponsel Android secara otomatis setelah perangkat dicuri dan pelakunya menonkatifkan koneksi internet untuk mencegah perangkat dilacak.

Fitur Theft Protection di HP Android Foto: Screenshot/detikINET

Terakhir, fitur Remote Lock memungkinkan pengguna mengunci perangkat Android dari jarak jauh hanya dengan memasukkan nomor telepon lewat situs android.com/lock. Berkat cara baru ini, pengguna tidak perlu repot-repot login ke aplikasi atau website Find My Device untuk mengunci perangkatnya.

Cara mengaktifkan fitur Theft Protection di HP Android

  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan di ponsel Android kalian
  • Pilih menu Google lalu pilih tab ‘All Services’ atau ‘Semua layanan’
  • Scroll ke bawah sampai menemukan opsi ‘Perlindungan dari pencurian’ di kolom ‘Informasi pribadi & keamanan perangkat’
  • Tekan toggle ‘Kunci Deteksi Pencurian’ untuk mengaktifkan fitur tersebut
  • Tekan toggle ‘Penguncian Perangkat Offline’ untuk mengaktifkan fitur tersebut
  • Pilih opsi ‘Kunci Jarak Jauh’ lalu tekan toggle ‘Gunakan Kunci Jarak Jauh’ untuk mengaktifkan fitur tersebut. Pastikan nomor telepon yang ada di laman tersebut sama seperti nomor telepon yang digunakan di ponsel.

Untuk fitur Offline Device dan Remote Lock, Google mengatakan layar ponsel bisa dikunci hingga dua kali dalam sehari. Fitur-fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum bisa berfungsi. Jika pengguna ingin menonaktifkan fitur-fitur ini, mereka akan diminta untuk melakukan autentikasi menggunakan biometrik.

Ketiga fitur Theft Protection di Android ditenagai oleh layanan Google Play, jadi fitur-fitur ini akan tersedia untuk Android 10 dan lebih baru. Kalau kalian belum menemukan fitur-fitur ini di pengaturan harap bersabar karena fitur ini akan digulirkan secara bertahap.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version