Sabtu, Juli 6


Jakarta

Pendaftaran calon pimpinan (capim) KPK dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK tinggal menyisakan dua pekan lagi. KPK yakin akan banyak orang yang mendaftar capim sebelum pendaftaran berakhir 15 Juli mendatang.

“Batas penerimaan dokumen kan masih sampai dengan tanggal 15 Juli. Jadi saya pikir masih banyak waktu,” kata juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2024).

Tessa mengatakan pihaknya yakin warga akan berbondong-bondong mendaftar capim KPK di sisa masa pendaftaran. Dia optimistis calon-calon yang memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi sedang menyiapkan diri untuk mendaftar sebagai capim KPK.


“Saya memiliki keyakinan para calon-calon yang memiliki integritas dan mau mendaftar ini sedang menyiapkan semua hal untuk mereka bisa mendaftar sebelum tenggat waktu tersebut berakhir. Jadi kita sama-sama tunggu saja,” katanya.

Saat ditanya apakah ada insan KPK yang ikut mendaftar capim, Tessa mengatakan sampai hari ini pihaknya belum mendengar adanya sosok di internal KPK yang mendaftar capim maupun Dewas KPK.

“Belum ada informasi sejauh ini,” ujar Tessa. Dia menjawab pertanyaan soal adanya pejabat struktural di KPK yang mendaftar capim atau Dewas KPK.

Ketua Pansel Tepis Capim KPK Sepi Pendaftar

Hampir seminggu pendaftaran calon pimpinan dan calon Dewan Pengawas KPK dibuka, ada 26 orang yang tercatat sudah mendaftar. Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Muhammad Yusuf Ateh menepis pendaftaran capim-calon Dewas KPK sepi peminat.

“Kan baru mulai, udah (banyak yang) buat akun, kok,” kata Yusuf kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/7).

Yusuf menilai mengunggah dokumen dalam persyaratan memerlukan waktu. Menurutnya, para pendaftar akan banyak yang mengunggah dokumen di akhir waktu.

“Kan dokumen. Nanti (mendaftar melampirkan) dokumen. Kan perlu waktu itu. Biasalah, kau kalau daftar-daftar kapan? Biasa awal-awal atau akhir kau?” ucapnya.

Yusuf lantas menepis anggapan bahwa pendaftaran capim dan Dewas KPK sepi peminat. Ia meminta publik menunggu lebih dulu.

“Pokoknya tunggu aja, tunggu aja. Percayalah,” ucapnya.

Pendaftaran capim KPK dibuka sejak 26 Juni lalu. Per 1 Juli pukul 10.00 WIB, tercatat 318 orang registrasi akun pendaftaran capim-calon Dewas KPK. Sebanyak 26 orang di antaranya dinyatakan sudah mendaftar.

Dari 26 orang itu, sebanyak 10 di antaranya pendaftar capim KPK dan 16 pendaftar calon Dewas KPK.

Simak juga Video ‘Nawawi Singgung Kasus Firli Bahuri Bikin Nasib Citra KPK Terpuruk’:

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/dwia)

Membagikan
Exit mobile version