Rabu, Oktober 23


Jakarta

Pesinetron Caesar Hito mengaku alami hoarding disorder. Gangguan mental itu sudah dirasakan Caesar Hito sejak duduk di bangku sekolah dasar.

Suami Felicya Angelista itu merasa kasihan dengan benda mati. Akhirnya berujung dirinya suka menyimpan barang atau sampah seharusnya dibuang.

“Kalau alasan aku sampai kayak gitu karena dimulai dari psikis, mental. Kelas 4 SD pernah dengar kata-kata yang bikin aku perasaan takut sejadi-jadinya, merasa nggak ” kata Caesar Hito di studio Pagi Pagi Ambyar, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (21/10/2024).


Salah satu ketakutannya ketika dia mendengar ayahnya akan pensiun, Caesar Hito diliputi perasaan cemas dengan banyak hal. Perasaan cemas membuat Caesar Hito berpikir apa yang akan terjadi beberapa tahun ke depan.

Hingga akhirnya dia merasakan sangat takut kehilangan sesuatu. Ayah dua anak itu merasa tidak mau kehilangan apa pun, kalau bisa disimpan sesuatu itu akan disimpan olehnya.


“Dulu papaku udah mau pensiun, tapi sebenarnya pensiunnya juga masih lima tahun lagi. Dulu, mamaku kerja tapi setelah ada adik aku yang terakhir lahir mama ngalah akhirnya nggak kerja,” ceritanya.

Rasa takut kehilangan sesuatu, sampai-sampai membuat Caesar Hito makan saja punya banyak pikiran. Misalnya saja, soal suapan pertama yang dalam pikirannya akan tertimbun di bagian bawah perut dan akan tertimbun dengan suapan selanjutnya.

“Gigi, cabut gigi, giginya aku simpan. Potong rambut, di tukang potong rambut aku bohongin aja, ‘Mas nanti rambut-rambutnya jangan dibuang karena harus buat prakarya di sekolah’. Sampai harus bohong-bohong gitu, disimpan-simpan itu semua.

Dikutip dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, hoarding disorder adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang membuat pengidapnya gemar mengumpulkan atau menimbun barang-barang, bahkan yang tidak berguna sekalipun. Akibatnya, barang-barang tersebut akan menumpuk di tempat yang ditinggalinya sehingga menyebabkan masalah kesehatan bagi penderita serta orang lain yang tinggal bersamanya.

Perilaku tersebut dilakukan karena karena menganggap barang itu akan berguna di kemudian hari, mengingatkan pada suatu peristiwa, atau merasa aman ketika dikelilingi benda-benda tersebut. Kesulitan untuk membuang atau menjauhkan benda-benda yang dimiliki karena adanya keinginan yang kuat untuk menyimpannya. Penderita kemudian akan merasa stres ketika harus membuang barang-barang tersebut.

Pengakuan Caesar Hito ini semula jadi sorotan ketika dirinya berbincang dalam sebuah podcast. Cowok kelahiran 27 Mei 1993 itu dulu menyembunyikan sampah karena kasihan.

Jadi saat itu, di lemari belajarnya berisi sampah-sampah bungkus snack atau sampah apa pun di jalan. Felicya Angelista mengetahui hal itu ketika masih berpacaran dengan Caesar Hito.

(pus/wes)

Membagikan
Exit mobile version