Jakarta –
Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menghadirkan Mercedes-Benz Bus O500 RSD 2445 pertama di Asia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024. Bus ini merupakan milik dari PO Garuda Mas.
Bus double decker terbaru PO Garuda Mas hadir dalam balutan sasis Mercedes-Benz O500 RSD 2445 dan bodi SDD Jetbus 5 besutan karoseri Adiputro. Kehadiran bus ini jadi penanda posisi Indonesia sebagai negara pertama di Asia yang menerima sasis bus dengan fitur keselamatan terbaru dalam menjamin keselamatan, yaitu Advanced Driver Assistance System (ADAS).
Nama O500 yang disematkan menunjukkan bahwa seri ini merupakan tipe sasis premium yang diproduksi di Brasil. Dibekali mesin OM 460 LA 6 silinder, bus ini punya tenaga
mesin sebesar 449 dk/1.800 rpm, dengan daya angkut 24 ton sesuai angka penamaannya.
Hadirnya sasis bus Mercedes-Benz O500 RSD 2445 dengan fitur ADAS terbaru merupakan bukti komitmen DCVI dalam menjaga keamanan serta keselamatan penggunanya.
“O500RSD 2445 menjadi bus premium pertama di Indonesia yang mengusung fitur ADAS. Sasis ini hadir dengan fitur keselamatan terbaru buat memenuhi kebutuhan industri otobus akan bus yang menjamin keamanan pengguna, baik itu pengemudi maupun penumpang. Inilah yang menjadi salah satu perhatian utama kami sebagai APM Mercedes-Benz Bus khususnya pada keselamatan dan keamanan unit-unit kami yang dioperasikan di jalan darat Indonesia. Kami percaya dengan hadirnya sasis-sasis bus terbaru kami di booth Adiputro, Tentrem dan Laksana membuktikan kepercayaan yang stabil dan berkelanjutan dari pelanggan loyal Mercedes-Benz Bus di Indonesia,” bilang Naeem Hassim selaku Presiden Direktur DCVI.
Bus baru PO Garuda Mas menggunakan sasis Mercy dan bodi Adiputro Foto: Dok. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI)
|
Teknologi keselamatan terbaru hadir melalui adanya fitur Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5 yang dapat mengantisipasi jarak kendaraan di
depan dan keamanan pengereman. Ada pula Lane Departure Warning System (LDWS) yang berfungsi memastikan posisi kendaraan di jalan. Tambahan fitur LDWS membuat pengemudi mendapatkan alarm getar di kursi apabila bus melewati batas marka jalan, dan fitur ini akan aktif secara otomatis ketika bus berkendara di atas 60 km/jam.
Fitur lainnya adalah ESP (Electronic Stability Program), di mana fitur ini membantu pengemudi menjaga kestabilan kendaraan dalam kondisi normal. Apabila terjadi situasi di mana bus berjalan tidak stabil maka sistem akan secara otomatis mengurangi tenaga untuk mengembalikan stabilitas kendaraan, ataupun segera otomatis melakukan pengereman.
Karoseri PT Adiputro Wirasejati menyatakan kebanggaannya mendapat kesempatan untuk membangun body sasis Mercedes-Benz Bus O500RSD 2445 pertama di Indonesia. Adiputro membangun sasis 2445 selama 4 bulan, dan dalam prosesnya terus mengikuti arahan Body Building Directive secara detail dari pihak DCVI.
“Kami bangga mendapat kesempatan untuk membuktikan kredibilitas dan kemampuan kami dengan membangun sasis baru ini. Ada beberapa hal baru yang menarik bagi kami ketika proses membangun bodinya, seperti hadirnya sensor depan untuk fitur terbaru ADAS dalam mendeteksi jalur pengendara di jalanan. Lalu khusus untuk O500 RSD 2445 ini, kami juga memberikan sesuatu yang spesial, yaitu untuk pertama kalinya menghadirkan first-class captain seat layaknya business-class pesawat. Tentu saja ini hanya bisa terwujud dengan bantuan dari pihak DCVI yang juga dengan setia menghadirkan Body Builder Advisor-nya untuk mendampingi kami dalam menjamin semua teknologinya terfasilitasi dengan baik,” tegas Jesse Jethrokusumo selaku Direktur PT Adiputro Wirasejati.
|
Sasis baru ini didesain secara premium oleh Adiputro dan berkapasitas penumpang total 36, dengan kombinasi kursi eksekutif dan kursi kompartemen di dek atas, serta first-class 4 captain-seat dan 2 sleeper-seat di dek bawah.
PO Garuda Mas Putera Esa merasa bangga sebagai konsumen pertama di Indonesia yang menerima bus Mercedes-Benz O500 RSD 2445 ini. Garuda Mas telah menggunakan bus tronton Mercedes-Benz yakni OC500RF 2542 sejak tahun 2016, dan saat ini mengoperasikan 28 unit bus Mercedes-Benz, termasuk dengan Mercedes-Benz OH 1626.
“Sebelumnya kami telah membuktikan kenyamanan dan kekuatan bus Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dan mendapat banyak tanggapan positif dari pelanggan-pelanggan kami. Kali ini, kami mendapat kesempatan sebagai PO yang pertama kali mengoperasikan model terbaru bus double-decker Mercedes-Benz O500 RSD 2445 ini. Sebelumnya kami tidak menyangka bahwa model terbaru ini memiliki fitur keselamatan terbaru (ADAS) yang canggih seperti passenger cars, sehingga kami bangga bisa menjadi yang pertama di Indonesia dalam memberikan pelayanan tersebut kepada masyarakat pengguna angkutan bus,” ucap Benyamin Darmawan selaku Direktur Operasional PT Garuda Mas.
(lua/rgr)