Kamis, Oktober 24


Jakarta

Kabar membanggakan datang dari dua orang karyawan Alfamart yang berhasil menyumbangkan medali pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo, Jawa Tengah tahun 2024. Meiranti Ibtria Desti dan Tari Bunga Hartauli Siburian berhasil meraih medali pada ajang yang digelar pada 6-13 Oktober lalu.

Pencapaian ini terasa spesial, karena sekaligus sebagai kado spesial di ulang tahun Alfamart yang ke-25. Meiranti Ibtria Desti, kepala toko Alfamart Sungai Kambang Jambi ini berhasil meraih tiga medali sekaligus pada Cabang Olahraga (Cabor) atletik. Ia berhasil meraih medali emas pada nomor tolak peluru putri dan medali perunggu di nomor lempar lembing dan lempar cakram putri.

Ini merupakan pencapaian yang membanggakan bagi Meiranti dengan memborong tiga medali sekaligus pada nomor yang berbeda. Terlebih, ia bersyukur di sela pekerjaannya ia masih dapat berlatih dan ikut berkompetisi di ajang nasional tersebut.


“Berkat usaha, doa, serta dukungan dari keluarga dan juga rekan-rekan kerja, saya bisa tampil maksimal dengan meraih prestasi di ajang Peparnas XVII di Solo, Jawa Tengah tahun 2024,” ungkap Meiranti dalam keterangan tertulis, Kamis (24/10/2024).

Ini bukan pertama kali Meiranti mengikuti ajang Peparnas, ia pernah mengikuti ajang serupa di dua edisi sebelumnya. Bahkan sejak ia masih di bangku Sekolah Dasar (SD), ia telah menjadi atlet dan meraih berbagai perolehan medali di ajang Peparpenas (Pekan Paralimpik Pelajar Nasional).

“Sangat luar biasa bangga dan bahagia. Sebelumnya untuk ajang Peparnas saya juga pernah ikut di Jawa Barat tahun 2016 dan di Papua tahun 2021, namun di ajang sebelumnya saya belum bisa mendapatkan medali. Alhamdulillah di Peparnas tahun ini di Solo saya bisa mendapatkan langsung tiga medali dari tiga nomor yang saya ikuti,” tambahnya.

Sementara itu, cerita yang sama datang dari Tari Bunga Hartauli Siburian yang berhasil meraih dua medali perunggu di dua nomor Cabor Angkat Berat di kelas 61 kg putri. Bunga sapaan akrabnya, berhasil mengangkat beban di kategori best lift 83 kg dan di kategori total lifts 240 kg.

Peraihan ini melengkapi kesuksesan Bunga pada ajang-ajang sebelumnya, ia pernah meraih medali perak dalam Kejuaraan Nasional Solo 2007, Peparnas Kalimantan Timur 2008, dan Peparnas Bandung 2016.

Selain itu, Bunga juga pernah meraih Medali Emas di Peparnas Riau pada 2012. Terakhir ia berhasil meraih medali perak pada Peparnas Papua 2021 di cabor yang sama.

“Saya senang dapat kembali meraih prestasi di Peparnas tahun 2024 dengan membawa pulang dua medali perunggu dari Cabor angkat berat. Kecintaan saya terhadap olahraga ini membawa saya meraih prestasi di beberapa ajang yang pernah saya ikuti,” ujar Bunga.

Karyawan personalia Alfamart Pekanbaru itu mengaku bahagia bisa menjalankan profesinya sekaligus tetap berprestasi di bidang olahraga yang ditekuninya sejak 2007. Meskipun menjadi karyawan, ia tetap rutin menjalani latihan.

“Saya sangat terharu dan berterima kasih kepada management Alfamart yang telah memberikan dukungan penuh kepada saya untuk mengikuti ajang Peparnas XVII Solo 2024,” ungkapnya.

Kini, Meiranti dan Bunga akan terus fokus menjaga performa mereka untuk dapat ikut berkompetisi pada ajang Peparnas XVIII di NTT-NTB tahun 2028 mendatang. Keterbatasan yang mereka miliki tidak menjadi halangan dan hambatan untuk bisa bekerja dan mengembangkan karier serta dapat meraih prestasi di luar pekerjaan.

Untuk diketahui, Alfamart telah sejak 2016 memberikan ruang dan kesempatan berkarya bagi para penyandang disabilitas melalui program Alfability.

Human Capital Director Alfamart, Tri Wasono Sunu mengatakan bahwa Alfamart memberikan kesempatan yang sama untuk para penyandang disabilitas bekerja sesuai dengan kompetensi di bidangnya.

“Alfability adalah upaya perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif bagi seluruh kelompok masyarakat. Upaya ini diwujudkan dengan mengembangkan lingkungan kerja yang terbuka dan peduli kepada penyandang disabilitas” tuturnya.

Sunu menambahkan, hingga September 2024 Alfamart telah mempekerjakan 1.016 penyandang disabilitas yang ditempatkan sesuai persyaratan kompetensinya, baik di store, warehouse, dan office.

(akn/ega)

Membagikan
Exit mobile version