Rabu, Oktober 2


Jakarta

Sajian ayam goreng krispi memang tak diragukan lagi lezatnya. Sensasi tepung renyah dan bumbu yang meresap membuatnya rasanya makin lezat. Berikut ini bumbu rahasia yang dipakai.

Ayam goreng krispi merupakan sajian ayam yang digoreng dengan balutan tepung renyah. Awalnya, sajian ayam goreng ini populer sekali di Amerika dan menjadi menu andalan di gerai makanan cepat saji.

Ayam goreng ini dinikmati dengan berbagai cara, bahkan bisa disantap bersama waffle dan pancake. Keistimewaan ayam goreng ini tak hanya ada pada tepungnya yang renyah, tapi juga bumbunya yang meresap sempurna.


Mengutip Tasting Table (25/9), bumbu marinasi ayam goreng ini biasanya terdiri atas beberapa bahan. Umumnya menggunakan beragam rempah dan garam sebagai bumbu perendamnya.

bumbu rahasia ayam goreng yang bikin makin kaya rasanya Foto: Getty Images/iStockphoto

Namun, chef Art Smith dari restoran Reunion di Chicago, Amerika Serikat memiliki resep bumbu marinasi andalannya. Chef yang menjadi koki pribadi Oprah Winfrey ini juga kerap membuat bumbu marinasi dengan tambahan madu.

Menurut Smith, madu dapat memberikan keseimbangan yang bagus dengan garam. Sebenarnya, resep aslinya menggunakan gula pasir, tetapi Smith lebih menyukai madu untuk mendapatkan rasa manis alami. Madu itu ditambahkan Smith ke dalam racikan bumbu marinasi.

Bumbu marinasi itu terdiri atas merica, garam kosher, bawang putih, rempah-rempah, dan madu. Potongan ayam kemudian direndam dalam bumbu marinasi selama 12 jam.

Peran madu ini tak hanya memberikan sensasi rasa manis saja, tapi juga melunakkan daging. Warna daging juga lebih kecokelatan dan rasanya kuat.

bumbu rahasia ayam goreng yang bikin makin kaya rasanya Foto: Getty Images/iStockphoto

Setelah direndam bumbu marinasi, ayam dicelupkan dalam buttermilk dan tepung kering sambil ditekan-tekan hingga tepung melekat. Selanjutnya ayam digoreng dalam minyak kanola dalam jumlah banyak hingga ayam terendam.

Menurut Smith jenis minyak goreng ini yang terbaik untuk menggoreng ayam. Karena, rasanya yang netral dan titik asapnya tinggi. Bagian luar ayam akan kering renyah sementara bagian dalamnya lembut juicy.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version