Jakarta –
Sebelum Zeekr dan Maxus merilis harga jual mereka di GJAW 2024 lalu, Great Wall Motor (GWM) sudah menjadi pabrikan China yang bermain di segmen premium hingga berani jual mobil dengan harga di atas Rp 1 miliar.
GWM Indonesia mengklaim mereka sukses menjual mobil China di segmen premium ini, sebab nilai yang mereka tawarkan ke konsumen memang superior.
GWM Indonesia memperkenalkan SUV Tank 300 HEV pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2024. Mobil ini bakal menantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Foto: Andhika Prasetia
|
“Menurut saya, dalam hal harga dan juga dari sisi produk. Itu kita di sana bermain tunggal dan sangat superior sih,” buka General Manager, Inchcape GWM Retail Indonesia (IGRI), Stefanus Asiantara, saat ditanya oleh detikOto mengenai strategi suksesnya GWM menjual Tank.
Menurut GWM Indonesia, pembeli Tank umumnya dibuat kagum oleh rasa berkendara, fitur, hingga performa dari SUV andalan GWM ini. Selain itu, nilai ekonomis yang ditawarkan oleh Tank juga membuat konsumen memilihnya.
“Karena kita selalu di-compare-nya sama SUV di kelasnya yang jauh lebih mahal, dua kali lipatnya, tau lah ya maksud saya apa. Itu mereka dengan harga segini, performance yang sama, feature yang lebih, bayar segitu menurut mereka sangat value for money. Makanya (penjualannya) jalan banget sih,” tutur Stefanus.
Lantas saat ditanya mengenai bagaimana pandangan negatif masyarakat terhadap GWM selaku merek mobil China yang menjajakan mobil dengan harga di atas Rp 1 miliar, Stefanus dengan yakin menjawab bahwa stigma tersebut sudah hilang.
“(Stigma mobil China di segmen ini) Udah nggak. Udah hilang. Karena kita dibantu juga sebelum dia masuk, sebelum kita melakukan grand launching dan segala macem, awareness (kepekaan) orang soal Tank, terutama mereka yang petrolhead ya yang suka mobil-mobil gede, mereka yang suka performance itu, udah lumayan. Jadi kita tinggal (kasih) nyobain mereka, push mereka untuk test drive dan membuktikan mobil ini performance-nya bagus, fiturnya bagus, akhirnya terbeli sendiri,” ujar Stefanus.
|
Menurut GWM Indonesia, untuk menjual mobil sejenis Tank ini, kuncinya terletak pada pengalaman berkendara. Dengan memberikan calon konsumennya kesempatan untuk dapat merasakan langsung lini andalan mereka ini, mereka dapat mengetahui kelebihannya.
“Tapi kuncinya tetap mereka tetap harus experience dulu sih. Mereka dengar review dari Youtube dari segala macam, ‘Wah ini mobil bagus,’ Tapi tetap kita harus untuk closing deal-nya mereka tetap harus nyobain dulu, experience-nya harus di-push dulu dengan test drive baru mereka yakin dan mereka bisa beli,” tutup Stefanus.
(mhg/rgr)