Senin, Juli 1


Jakarta

Pilihan mobil listrik di Indonesia kian beragam. Tak cuma datang dari satu atau dua merek, kini mayoritas pabrikan mobil di Indonesia sudah memberikan pilihan mobil listrik bagi calon pembelinya.

Namun pabrikan yang paling banyak memberikan pilihan mobil listrik murni bagi masyarakat Indonesia ternyata bukan Wuling atau Hyundai, melainkan Mercedes-Benz.

Sejak kehadiran Mercedes-Benz EQE SUV beberapa waktu silam, pabrikan asal Jerman ini praktis memiliki enam mobil listrik yang saat ini ditawarkan di pasar Tanah Air.


“Kalau secara model dan varian per saat ini memang Mercedes-Benz adalah yang memberikan varian paling banyak di mobil listrik,” ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Sales and Marketing Director PT Inchape Indomobil Distribution Indonesia selaku agen pemegang merek Mercedes-Benz saat ini.

Kini Mercedes-Benz menawarkan beragam mobil listrik mulai dari jenis medium sedan, compact SUV, SUV 7-seater, hingga sedan full size. Pilihannya mulai dari EQA, EQB, EQE Saloon, EQE SUV, EQS SUV, hingga EQS Saloon.

Kendati pilihannya beragam, pihak Inchape Indomobil Distribution Indonesia mengklaim ada dua model yang jadi striker penjualan mereka sebelum EQE SUV diluncurkan di Tanah Air. Model tersebut adalah EQE Saloon dan EQB.

“Kalau sekarang dari penjualan kami itu masih memang yang terbanyak di EQE Sedan-nya, terus kemudian EQB yang banyak dicari juga yang 7-seater nya,” tutur Kariyanto.

Ragamnya model mobil listrik Mercedes-Benz di Indonesia membuat konsumen di segmen premium jadi punya banyak pilihan. Saat ini, pilihan mobil listrik Mercy termurah adalah Mercedes-Benz EQA 250 Electric Line yang dibanderol Rp 1.540.000.000. Sementara mobil listrik Mercedes-Benz termahal saat ini adalah EQS 450+ Edition One yang dijual Rp 3.950.000.000.

Sedangkan jagoan baru mereka yang menjadi penantang BMW iX di kelas SUV listrik adalah Mercedes-Benz EQE 350 4MATIC SUV dibanderol Rp 2.850.000.000.

Bicara soal BMW, pabrikan asal Jerman ini juga sejatinya menawarkan beragam pilihan mobil listrik di Indonesia. Total mereka sudah menghadirkan lima model mobil listrik yakni iX, i7, i5, i4, hingga iX1.

Di sisi lain, Wuling yang beberapa kali jadi raja penjualan mobil listrik di Indonesia hanya menawarkan tiga pilihan yakni Air EV, BinguoEV, dan Cloud EV. Sementara Hyundai terpantau saat ini baru jualan IONIQ 5, IONIQ 6, dan sudah membuka pemesanan KONA Electric.

(mhg/sfn)

Membagikan
Exit mobile version