Minggu, Juni 30


Jakarta

Kami telah menjajal fitur ‘turbo’ pada Yamaha NMax baru di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Benarkah teknologi tersebut hanya sekadar gimik seperti yang dibilang segelintir pihak?

Sebagai catatan, ‘turbo’ merupakan bahasa marketing yang diciptakan produsen garpu tala untuk memudahkan penyebutan Yamaha Electric Continously Variable Transmission atau YECVT. Teknologi tersebut merupakan nilai jual utama di Yamaha NMax generasi ketiga.

Dalam sesi pengetesan, kami berkesempatan mengendarai Yamaha NMax Turbo Tech Max Ultimate sebagai varian tertinggi selama tiga-empat putaran. Pada kesempatan itu, kami mengeksplorasi fungsi-fungsi elektrik yang ditawarkan YECVT alias ‘turbo’.


Yamaha NMax turbo. Foto: Doc. Yamaha

Teknologi tersebut menawarkan dua mode berkendara, yakni T (town) dan S (sport). Mode T merupakan opsi standar yang bisa dipakai di wilayah perkotaan, sementara mode S menawarkan pengalaman berkendaraan yang lebih agresif.

Dalam kondisi konstan, peralihan mode dari T ke S membuat putaran roda naik 500-1.000 rpm. Sementara untuk mengganti mode tersebut, pengendara hanya tinggal menekan tombol khusus di setang kiri yang tertanam agak ke depan.

Ketika pengetesan berlangsung, kami melakukan peralihan model dari T ke S saat berakselerasi. Meski tidak terlalu signifikan, namun kami merasa ada tambahan ‘nafas’ yang membuat motor lebih berdaya.

Kemudian tombol Y-Shift juga memainkan peran penting dalam pengaplikasian fitur YECVT di Yamaha NMax baru. Tombol tersebut bisa digunakan pengendara untuk melakukan akselerasi dan deselerasi secara lebih ‘mantap’. Kita hanya tinggal menekan tombolnya yang berada di setang kiri bagian bawah.

Y-Shift di Yamaha NMax turbo.Y-Shift di Yamaha NMax turbo. Foto: Sabil / detikOto.

Y-Shift pada motor tersebut punya tiga level yang bisa diatur secara manual. Ketika tikungan dan hendak deselerasi, kita bisa menambah bar untuk menjalankan fungsi engine-brake. Sementara hal yang sama juga kita lakukan untuk memberikan ‘dorongan’ saat akselerasi spontan.

Setelah pengetesan, kami berkesimpulan, fitur ‘Turbo’ di Yamaha NMax baru bukan sekadar gimik. Sebab, keberadaannya membuat motor lebih berdaya dan responsif. Khusus untuk varian ultimate, keberadaan performance dumper membuat kestabilan motor lebih terjaga.

(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version