Kamis, Oktober 24


Jakarta

Mantan Kepala BIN Budi Gunawan tiba di kantor Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta. Budi akan melaksanakan serah-terima jabatan Menko Politik dan Keamanan (Menko Polkam) dari Hadi Tjahjanto.

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (22/10/2024), Budi Gunawan tiba pada pukul 11.08 WIB. Budi turun dari mobil berwarna hitam dengan setelah jas berwarna hitam.

Sebelum itu, tiba Wakil Menteri Koordinator Politik dan Keamanan, Lodewijk F Paulus. Setelah bersalaman dengan sejumlah pegawai yang menyambut, Lodewijk langsung masuk gedung.


Hadi Tjahjanto juga tiba lebih dulu sekitar pukul 10.50 WIB. Hadi dan Budi tiba menjelang serah-terima jabatan (sertijab). Pelaksanaan sertijab berlangsung tertutup.

Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto mengumumkan pejabat di kabinet pemerintahannya. Prabowo menunjuk Budi Gunawan sebagai Menko Politik dan Keamanan serta Yusril Ihza Mahendra sebagai Menko Hukum, HAM, Imigrasi, dan Pemasyarakatan.

“Profesor Budi Gunawan, Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan,” kata Prabowo dalam acara pengumuman di Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10).

“Profesor Yusril Ihza Mahendra, Menteri Koordinator Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia, Imigrasi, dan Pemasyarakatan,” ujar Prabowo.

Prabowo juga telah menamai kabinet pemerintahannya bersama Wapres Gibran Rakabuming. Kabinet itu bernama Kabinet Merah Putih.

“Kami beri nama kabinet ini Kabinet Merah Putih,” kata Prabowo.

Simak: Video Sertijab Menko Polkam ke Budi Gunawan, Hadi Titip PR Judol-Tambang Liar

[Gambas:Video 20detik]

(ial/whn)

Membagikan
Exit mobile version