Kamis, Oktober 3


Jakarta

Partai Gerindra telah memutuskan pimpinan fraksi di DPR. Ketua Fraksi Gerindra DPR, Budisatrio Djiwandono, Sekretaris Bambang Haryadi, dan Bendahara Novita Wijayanti.

Susunan pimpinan Fraksi DPR itu diumumkan oleh Budisatrio Djiwandono saat rapat paripurna di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

“DPR Partai Gerindra sudah memutuskan sebagai pimpinan fraksi. Ketua Fraksi G Budisatrio Djiwandono, Sekretaris Fraksi Bambang Haryadi, Bendahara Fraksi Novita Wijayanti,” kata Budi disambut tepuk tangan.


Sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 sebelumnya resmi dilantik. Mayoritas diisi oleh wajah lama, ratusan legislator ini akan melaksanakan fungsi legislasi, pengawasan, dan budgeting.

Pelantikan digelar di ruang sidang paripurna, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). Pelantikan turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto serta jajaran menteri kabinet.

Sekjen DPR Indra Iskandar membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029. Lalu 580 wakil rakyat mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Setelah itu, anggota DPR menandatangani berita acara sumpah/janji, yang dilakukan secara simbolis oleh lima anggota Dewan. Lalu ada penyerahan memori DPR oleh Pimpinan DPR periode 2019-2024 kepada pimpinan sementara DPR dan penandatanganan berita acara serah-terima.

(rfs/gbr)

Membagikan
Exit mobile version