Sabtu, Oktober 19

Jakarta

Budi Arie Setiadi akan melepas jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. Di masa pemerintahan Prabowo Subianto, Budi Arie disebut akan mengemban tugas sebagai Menteri Koperasi.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha, Kecil, dan Menengah (UKM) Teten Masduki. Adapun kementerian tersebut akan dipisah menjadi dua menjadi Kementerian Koperasi dan Kementerian UKM.

Teten membenarkan bahwa Budi Arie Setiadi yang akan menggantikannya sebagai Menteri Koperasi. Sedangkan Maman Abdurrahman yang akan menduduki posisi sebagai Menteri UMKM pada Kamis (17/10/2024).


Baik Budi Arie maupun Maman pada Jumat pagi ini (18/10/2024) menyambangi kantor kemenKop UKM dan menemui Teten. Terkait pembahasan yang dilakukan ketiganya, mereka enggan membeberkan secara rinci kepada awak media dan menunggu peresmian dari presiden terpilih.

“Tunggu pengumuman resmi dari Presiden Terpilih (Prabowo),” kata Budi Arie dikutip dari detikfinance, Jumat (18/10/2024).

Sebelumnya, usai menghadiri detikcom Awards 2024, Budi Arie mengatakan telah berkenalan dengan para pejabat yang akan mengisi kabinet Prabowo, salah satunya sosok Menkominfo selanjutnya.

“Iya, sudah semua sudah kenal. Teman juga,” ujar Budi Arie kepada detikINET di Jakarta, Kamis malam (17/10/2024).

Ketika ditanya lebih lanjut memastikan Budi Arie tidak lagi menjabat Menkominfo kembali, ia mengatakan agar hal itu diumumkan langsung oleh presiden terpilih Prabowo. “Pokoknya, tunggu saja,” ucap dia.

Sementara itu, Meutya Hafid yang digadang-gadang akan mengisi jabatan Menkominfo terbaru sudah dipanggil dan menerima pembekalan calon menteri oleh Prabowo.

Ketika ditanya mengenai jabatan menteri yang akan diduduki oleh Meutya di era Prabowo, ia hanya mengatakan yang berkaitan dengan bidangnya.

“Nanti beliau yang umumkan. Tidak jauh-jauh dari bidang saya,” saat ditanya mengenai peluang mengisi kursi Menkominfo.

“Masih terkait komisi terkait juga,” ucapnya menambahkan. Sebagai informasi, Komisi I merupakan mitra dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Adapun sebelum menjadi politisi, Meutya berkarir sebagai jurnalis TV.

Sebagai informasi, Prabowo dan Gibran akan dilantik pada sidang paripurna MPR yang akan digelar di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024. Pelantikan akan dimulai pukul 10.00 WIB.

Ketua MPR RI Ahmad Muzani nantinya yang akan membuka sidang paripurna pelantikan. Selanjutnya, Prabowo dan Gibran masing-masing akan mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden. Setelah itu, keduanya akan menandatangani berita acara.

(agt/fyk)

Membagikan
Exit mobile version