Sabtu, September 28


Jakarta

Memiliki pohon dengan buah yang lebat tak akan lepas dari orang-orang yang mengincar hasil panennya. Menyadari hal itu, pemilik pohon ini bikin catatan kocak.

Rezeki yang berlimpah dapat datang dari segala arah. Termasuk diberkahi dengan tanaman di pekarangan rumah yang berbuah lebat sepanjang tahun.

Tetapi ketika ada tanaman yang berbuah lebat, biasanya tak lepas dari mata para tetangga atau sesiapa pun yang melintas. Buah yang memenuhi dahan-dahan rasanya seolah memanggil untuk diambil beberapa biji.


Seorang pemilik pohon mangga yang lebat buahnya ini menyadari banyak orang tergiur. Saking sudah khatamnya dengan orang yang tergiur, ia tinggalkan catatan kocak pada pohonnya.

Punya pohon mangga yang melimpah ruah buahnya, wanita ini tak pelit untuk berbagi. Foto: WeirdKaya

Mengutip WeirdKaya BM (25/9) seorang wanita disoroti karena kebaikan hatinya. Shafika Rozali, wanita asal Malaysia, dalam video TikToknya memaerkan tanaman pohon mangga di rumahnya.

Tampak buah dari pohon mangganya begitu lebat. Bahkan dalam satu tangkai buahnya dapat bertumpuk dan menjuntai ke bawah hingga membuat banyak orang tergiur dengan buah mangga miliknya.

Jika biasanya banyak orang yang merasa sayang akan buah dari tanamannya, berbeda dengan Shafika. Ia tidak membungkus buahnya dengan plastik agar tak jatuh atau diambil orang, melainkan melakukan cara yang berbeda.

Ada catatan yang ditempel pada pohon dengan mengizinkan orang-orang yang hendak mengambil mangga miliknya.

“Jika ingin buah mangga ambil saja, tidak perlu izin. Galahnya ada di samping pohon,” tulis Shafika pada sebuah papan.

Ia juga meninggalkan catatan kocak untuk orang-orang yang ingin mangganya. Foto: WeirdKaya

Alasan dari Shafika dan keluarganya melakukan ini konon tak tega dengan orang-orang yang melintas di pekarangannya. Mereka sering melihat orang berlalu lalang yang selalu melihat mangga dan tampak ingin meminta tetap malu.

“Siapapun yang lewat atau tinggal di Kampung Gaung, Tendong, Pasir Mas (Malaysia) boleh ambil ya. Buang mangga gratis saja. Tidak perlu izin, kami memang menyediakan galah untuk mengambilnya juga,” kata Shafika mengulang pernyataannya.

Ia juga tak keberatan jika ada orang yang hendak mengambil banyak buah. Baginya lebih baik buah-buah mangga itu dipanen dan dimakan orang daripada busuk atau jatuh rusak sehingga terbuang percuma.

Banyak netizen yang kemudian memuji aksi Shafika dan keluarganya.

“Semoga pahala dan rezekinya melimpah ruah. Jarang ada orang berbuat seperti ini,” tulis salah satu netizen.

“Walaupun tidak kenal dan tidak tahu rumahnya, cuma ingin berterima kasih kepada orang baik sepertimu,” sambung netizen lain.

(dfl/odi)

Membagikan
Exit mobile version