Minggu, Oktober 27


Wuhu

Aksesori unik pemotor yang mudah dijumpai saat berkunjung di China adalah selimut. Cara ini dipakai untuk menghalau hawa dingin saat berkendara.

Suhu menunjukkan angka 16 derajat Celcius di Wuhu, China. Suasana di markas pabrikan otomotif Chery itu bikin begitu sejuk. Saat malam hari bahkan suhunya bisa menyentuh di bawah 10 derajat celcius.

Pemandangan yang tidak biasa ketika berkunjung di sini. Kalau pengendara motor di Indonesia yang beriklim tropis cukup membawa jas hujan atau jaket anti angin, jangan kaget kalau mampir di sini sampai pakai selimut.


Pemotor di China pakai selimut Foto: Ridwan Arifin

Wilayah ini mulai memasuki musim dingin, berkendara dengan motor bisa menjadi bahaya. Inilah alasan penduduk China akan menggunakan selimut saat berkendara.

“Biasanya mereka menggunakan itu saat musim dingin. Anda tahu kan, musuh utamanya itu angin bisa bikin sakit. Selimut di motor itu membuatmu tetap hangat,” kata warga lokal China di Wuhu.

Selimut ini dipasang di area depan dan menyatu dengan sarung tangan. Utamanya melindungi bagian depan pengendara mulai dari dada, tangan sampai kaki.

Menariknya lagi selimut anti masuk angin ini ditinggalkan begitu saja ketika tidak digunakan. Aksesori itu menempel dengan sepeda listrik.

Pemotor di China pakai selimut Foto: Ridwan Arifin

“(Saat parkir) ditinggal begitu saja menempel di motor listrik,” tambahnya lagi.

Sangat jarang sekali motor-motor internal combustion engine (ICE), mayoritas adalah sepeda listrik atau motor listrik. Udaranya begitu bersih. Namun perlu diperhatikan, saat pemotor menyeberang juga harus berbagi jalan dengan pejalan kaki. Wah, bikin lebih waspada.

(riar/mhg)

Membagikan
Exit mobile version