Kamis, September 12


Jakarta

Merek minuman lokal, Haus! membagikan 1.000 cup minuman secara gratis kepada massa demonstrasi di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat kemarin. Unjuk rasa tersebut merupakan bentuk protes menolak revisi Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Founder & CEO Haus! Indonesia, Gufron Syarif mengatakan hal tersebut datang dari aspirasi internal. Begitu mengetahui keesokan harinya ada aksi unjuk rasa di Gedung DPR RI, dia langsung berkoordinasi dengan tim terkait untuk ikut berkontribusi dalam aksi tersebut.

“Kita sebagai rakyat muak dengan politisi yang semena-semena di negara ini. Begitu dapat info dari WhatsApp keluarga kalau akan ada demo di Senayan, saya langsung koordinasi sama team Haus buat kontribusi apa yang kita bisa buat teman-teman yang turun ke jalan 22 Agustus,” kata Gufron kepada detikcom, Jumat (23/8/2024).


Gufron menyebut persiapannya serba mendadak dan instan. Untuk itu, pihaknya hanya menyediakan 1.000 gelas minuman.

Selain pihaknya, dia juga melihat ada beberapa pedagang kaki lima yang membagikan dagangannya secara gratis ke massa aksi. Melihat hal tersebut, dia menilai banyak pedagang yang lain juga peduli dengan masyarakat yang turun ke jalan.

“Kemarin juga di lapangan saya melihat banyak juga teman-teman kaki lima yang bantu kasih dagangannya secara cuma-cuma buat teman-teman yang turun ke jalan kemarin. Artinya banyak kok teman-teman pedagang lain yang peduli juga dengan perjuangan temen-teman yang unjuk rasa kemarin,” imbuhnya.

CEO Haus! Indonesia Gufron Syarif Foto: detikFinance

Perkiraan biaya untuk mendanai aktivitas tersebut mencapai Rp 10 juta. Dia menegaskan dirinya tidak memikirkan untung dan rugi dalam melawan kesewenang-wenangan penguasa. Dia berkomitmen akan menyediakan 10.000 gelas gratis untuk aksi demonstrasi selanjutnya.

Next kalo ada aksi lagi kita bawain 10.000 cup. Pokoknya buat ngelawan kesewenangan penguasa kayak gini kita udah nggak mikir untung rugi. We do what we can do,” jelasnya.

Seperti diketahui, buruh beserta mahasiswa menggelar aksi demonstrasi di Gedung DPR RI kemarin. Hal ini sebagai respons untuk mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait UU Pilkada.

Ribuan orang berkumpul di Jalan Gatot Subroto, persis di depan pintu utama Gedung DPR/MPR RI. Berdasarkan informasi di lapangan, massa mulai meramaikan lokasi sekitar pukul 10.00 WIB kemarin.

Massa aksi dari kalangan buruh serta mahasiswa dari berbagai kampus hadir di lokasi. Tidak hanya itu, sejumlah Non Governmental Organization (NGO) seperti Walhi dan Greenpeace, masyarakat umum, serta sejumlah artis dan influencer juga turut hadir.

(ara/ara)

Membagikan
Exit mobile version