Sabtu, Juli 6

Jakarta

Kelompok hacker Brain Cipher menjanjikan akan memberikan kunci file Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang disandera. Jelang tengah malam, janji itu tampaknya ditepati.

Hal itu terpantau oleh pakar keamanan siber Alfons Tanujaya dari Vaksin.com. Dia awalnya sempat ragu dengan omongan Brain Cipher, apalagi Rabu malam semakin larut. Namun jelang tengah malam ada jawaban.

“Brain Cipher menepati janji membagikan kunci deskripsi untuk PDN,” kata Alfons, Rabu (3/7/2024) malam.


Alfons sempat dalam posisi menunggu konfirmasi dari pihak PDNS 2. Saat ditanyakan detikINET mengenai status terakhirnya, Alfons mengatakan dapat kabar sudah bisa didekripsi.

“Aku dapat info bisa, bisa dekripsi. Yang babuk bisa didekripsi,” ujarnya saat dihubungi detikINET.

Lebih lanjut dia mengatakan jika terkonfirmasi maka artinya semua data yang disandera bisa balik semua. Namun Alfons mewanti-wanti PDNS agar jangan sampai kejadian lagi terulang kembali di masa depan.

“Jangan terulang lagi, tolong diproteksi data masyarakat Indonesia. Kita semua berkepentingan, data kami gitu lho. Tolonglah jaga data kami dengan baik,” kata dia.

Sebelumnya, Brain Cipher mengumumkan akan membebaskan data dari Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang hampir dua minggu mereka sandera. Pernyataan ini dilontarkan dalam sebuah forum, yang tangkapan layarnya diposting oleh @stealthmole_int di X/Twitter. Dalam pernyataan tersebut, Brain Cipher akan memberikan kunci untuk mendekripsi data tersebut secara cuma-cuma.

“Hari Rabu kami akan memberikan kuncinya secara gratis. Kami berharap serangan kami membuat Anda sadar pentingnya untuk mendanai industri ini dan merekrut ahli yang punya kualifikasi,” tulis mereka.

Mereka pun menyebut serangan ini tidak mengandung muatan politis, melainkan hanya ‘pentest’ yang ditutup dengan pembayaran. Brain Cipher minta maaf atas aksinya yang berdampak ke banyak orang. Mereka meminta publik menyadari kalau mereka secara sadar dan independen dalam membuat keputusan ini.

Dalam akhir postingan, Brain Cipher menyebut akan menerima donasi secara sukarela yang bisa diberikan lewat dompet digital Monero. Mereka pun memastikan donasi ini bersifat sukarela, dan tetap akan memberikan kunci dekripsi secara gratis.

“Kami akan membuka dompet monero untuk donasi, kami berharap pada Rabu besok (hari ini-red) kami akan mendapat sesuatu. (Dan kami ulangi sekali lagi: kami memberikan kunci ini tanpa dipungut bayaran dan atas insiatif kami sendiri),” kata mereka.

(fay/fyk)

Membagikan
Exit mobile version