Rabu, Juni 26

Jakarta

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) buka suara soal Denmark menarik sejumlah produk Samyang yang dinilai terlalu pedas dan memicu keracunan akut. Beberapa dari produk mi instan Korea yang ditarik di negara tersebut, sebetulnya juga terdaftar di Indonesia.

Meski begitu, Kepala Biro Kerja Sama dan Humas BPOM RI, Noorman Effendi memastikan hingga kini produk Samyang dipastikan aman dikonsumsi selama teregistrasi di BPOM RI. Tidak ada wacana penarikan seperti langkah negara nordik di Eropa Utara tersebut.

“Sebenarnya produk-produk itu kalau sudah terdaftar di BPOM RI, bisa beredar di Indonesia. Dan sudah ada beberapa produk Samyang yang terdaftar,” tuturnya kepada detikcom Jumat (14/6/2024).


“Untuk penarikan Samyang di Denmark, menurut pemberitaan, hal tersebut terjadi karena produk dengan level pedas seperti itu ada yang tidak cocok untuk konsumen di Denmark. Meski begitu, sebaiknya kalau produk tidak ada di CekBPOM, jangan dikonsumsi,” sambung dia.

Masyarakat juga diimbau untuk mengecek kemasan label, izin edar, serta kedaluwarsa dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Penting juga untuk memperhatikan riwayat kesehatan masing-masing.

“BPOM memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dan cermat dalam memilih produk yang akan dikonsumsi, hal yang juga penting untuk cek saran penyajian dan tentunya menyesuaikan dengan kondisi kesehatan,” sarannya.

Pantauan detikcom dalam laman resmi Cek BPOM RI, setidaknya ada lebih dari 60 produk Samyang yang sudah teregistrasi dan didaftarkan dari dua perusahaan.

Dari 60 produk yang diregistrasi, adapun jenis Samyang yang aman karena sudah teregistrasi di BPOM RI adalah seperti berikut:

1. Mi Instan Goreng Rasa Ayam Pedas dan Keju (Hot Chicken Ramen Cheese Flavor)

Merk: Samyang Green
Kemasan: Plastik Metalized (140g), Plastik Metalized dan Plastik Metalized
SAMYANG FOODS INDONESIA

2. Mi Instan Goreng Rasa Ayam Pedas (Hot Chicken Ramen Extreme)

Merk: Samyang Green
Kemasan: plastik metalized 140g, Plastik Metalized dan Plastik Metalized
SAMYANG FOODS INDONESIA

3. Mi Instan Goreng Rasa Ayam Pedas (Hot Chicken Ramen Big Bowl)

Merk: Samyang Green
Kemasan: Cup Karton (105g)
SAMYANG FOODS INDONESIA

4. Mi Instan Goreng Rasa Ayam Pedas (Hot Chicken Ramen)

Merk: Samyang Green
Kemasan: plastik metalized 140g, Plastik Metalized dan Plastik Metalized
SAMYANG FOODS INDONESIA

5. Mi Instan Goreng Rasa Ayam Pedas (Hot Chicken Ramen Extreme)

Merk: SAMYANG GREEN
Kemasan: Plastik (140 g, 700 g / 5 pcs @ 140 g)

NEXT: Varian Carbonara dan Samyang Lain

Membagikan
Exit mobile version