Sabtu, Juli 6


Jakarta

Banyak orang seringkali menunda untuk mencuci tempat makan dan botol minum. Namun, apakah aman mencucinya setelah beberapa hari dibiarkan? Ini jawabannya!

Setelah bekerja atau sekolah, mencuci kotak makan siang dan botol minum langsung mungkin merupakan hal yang paling akhir dilakukan. Akhirnya, tempat makan dan botol minum itu dicuci setelah beberapa jam atau bahkan beberapa hari setelahnya.

Namun, apakah wadah ini masih aman digunakan setelah beberapa hari tanpa dicuci? Dokter umum Dr. Rodney Pearce mengungkap kemungkinan yang akan terjadi jika hal ini dilakukan.


Menunda mencuci tempat makan dan botol minum setelah dipakai seharian bisa menyebabkan penularan Hepatitis A dan E.coli melalui fekaloral dari botol dan peralatan makan siang yang terkontaminasi.

Menurut Pearce, “Jika orang belum mencuci tangan setelah dari toilet dan masih ada kotoran di tangan, kotoran itu bisa mengotori botol minuman.”

7NEWS bekerja sama dengan University of South Australia mencoba mencari tahu apa saja risiko ketika tidak mencuci tas bekal dan botol minum setiap hari. Mereka juga menyarankan seberapa perlunya tempat makan dan botol minum itu dicuci.

Dalam penelitian ini, para peneliti diberi botol air dan tas pendingin (cooler bag) milik salah satu keluarga di Adelaide. Kondisi botol minum itu pun baru dibilas dan dilap setelah satu minggu.

Banyak yang masih bingung seberapa sering botol minum perlu dicuci. Foto: Site News

Kepala Asosiasi Mikrobiologi Profesor Rietie Venter meneliti sampel tersebut dan menunggu satu hari untuk melihat apakah ada bakteri yang akan tumbuh, lapor 7news.com.au (25/06/2024).

Ia menemukan beberapa jenis mikroorganisme tumbuh di tas dan botol. Beruntungnya, tidak berbahaya.

Menurut Venter, kecuali botol disterilkan, mikroorganisme itu akan selalu tumbuh. Namun, tidak akan pernah menjadi masalah.

Ia memperingatkan untuk tidak terlalu berlebihan ketika melakukan pembersihan peralatan dan permukaan karena beberapa paparan mikroba sebenarnya berguna untuk membangun kekebalan tubuh.

Lantas, seberapa sering perlu mencuci tempat makan dan botol minum? Venter menyarankan orang-orang mencuci kotak makan siang mereka setiap hari karena kotak tersebut berisi makanan.

Sedangkan, botol air harus dibersihkan secara menyeluruh setidaknya seminggu sekali, dan perlu menggunakan sikat kecil untuk membersihkan sedotan dan tutupnya. Mengelap dan membisalnya setiap hari menurutnya baik-baik saja, tetapi mencucinya setiap hari juga bukan masalah.

Unik! 10 Desain Botol Ini Ada yang Berbulu hingga Bisa Simpan HPMenurut para ahli, botol minum lebih baik dicuci setiap hari setelah digunakan. Foto: Trend Hunter

Dewan Informasi Keamanan Pangan dan Departemen Kesehatan Negara Bagian Australia merekomendasikan masyarakat mengosongkan dan mencuci botol setiap hari.

Venter mengungkap, biasanya organisme menempel lebih baik pada permukaan yang sedikit lebih kasar. Beberapa bahan plastik mungkin lebih buruk daripada yang lain. Sedangkan logam lebih baik.

Ia menyatakan masyarakat harus mencuci secara menyeluruh atau menggantinya ketika melihat ada tanda-tanda jamur dengan bintik hitam kecil. Departemen kesehatan Tasmania pun menyarankan botol air plastik untuk diganti setiap tahun.

(aqr/adr)

Membagikan
Exit mobile version