Wuhu –
Tren penjualan Chery di Indonesia terus meningkat tiap bulannya dan menunjukkan grafis yang positif. Namun hasil ini ternyata belum sebaik penjualan Chery di negeri tetangga, Malaysia.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada kuartal pertama 2024 Chery Sales Indonesia berhasil membukukan penjualan sebanyak 1.351 unit. Sementara di Malaysia, dilansir dari Paultan, penjualan Chery pada periode yang sama tembus 4.564 unit.
Hasil ini cukup membuat bingung President Chery International, Zhang Guibing. Menurutnya mereka perlu memainkan pendekatan yang berbeda di Indonesia dan lebih bisa memuaskan kebutuhan masyarakat.
“Sebelumnya kami sudah meluncurkan beberapa model (ke Indonesia) dan tidak terlalu sukses. Jadi sekarang saya berharap kepada tim, untuk lebih menyelami dan menganalisa apa yang sebenarnya diharapkan dan dibutuhkan oleh pasar Indonesia,” papar Zhang saat ditemui oleh detikcom beberapa waktu lalu.
“Itu mengapa hari ini kita punya model yang baik dan yang mencatatkan penjualan. Namun negara tetangga (Malaysia) yang jualan lebih baik baik, tapi kenapa di sini (di Indonesia) penjualannya biasa saja. Nah itu yang saat ini secara bertahap kami analisis sangat mendalam tentang kondisinya,” lanjutnya.
Secara blak-blakan Bos Chery Global ini mengatakan bahwa mereka akan memasukkan beberapa model baru ke Indonesia. Mobil terbaru dari Chery ini akan diriset dengan sangat hati-hati dengan mempertimbangkan kebutuhan pembeli mobil di Tanah Air.
“Saya rasa dalam waktu dekat kita akan melakukan perubahan besar. Ya untuk Indonesia di tahun ini kita akan memperkenalkan dua-tiga model baru, tapi kita akan melakukannya dengan sangat teliti dan secara bertahap,” tegas Zhang.
“Namun tidak seperti kemarin yang sangat cepat kita luncurkan, kita akan meluncukannya dengan mempertimbangkan aspek yang mendalam. Kita ingin membuat mobil dengan mengikuti apa yang menjadi kemauan konsumen (Indonesia),” papar Zhang.
Lantas Zhang dan tim Chery Global mulai paham bahwa Indonesia dan Malaysia yang serumpun, lalu dengan Thailand yang bertetangga, punya karakter pasar yang sangat berbeda. Sehingga mereka perlu cermat dalam menyusun strategi.
“Karena kita sangat sadar bahwa pasar Indonesia dengan permintaan konsumen dan permintaan dealernya, dengan negara tetangganya, Malaysia, itu sangat berbeda. Perbedaannya sangat besar. Saya rasa dengan Thailand pun juga berbeda. Lantas saat ini kami sedang melakukan analisa mendalam. Saya harap ke depan saat kita memperkenalkan dua-tiga model baru akan bisa sangat menjangkau keinginan konsumen,” ujar Zhang.
Bos Chery Global ini ingin memasukkan lebih banyak ‘striker’ ke Indonesia. Mereka ingin menghadirkan lebih banyak mobil lain yang bisa meraih penjualan positif seperti Omoda E5.
“Saat ini, Omoda E5 sangat baik. Kita akan meluncurkan model (berikutnya) kedua yang juga akan baik, lalu membuat yang ketiga juga dengan baik. Iya, kita akan menghadirkan model-model baru dengan sangat baik seperti yang sudah diluncurkan,” tutupnya.
Simak Video “Sejarah Zebra Cross“
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)