Selasa, Oktober 1

Jakarta

Menyusul serangan yang menurut Israel menargetkan pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah di Beirut, Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi menuduh Israel menggunakan beberapa bom penghancur bunker dari Amerika Serikat dalam serangan tersebut. Nasrallah sendiri disebut telah meninggal dunia.

“Baru pagi ini, rezim Israel menggunakan beberapa bom penghancur bunker seberat 5.000 pon yang diberikan kepada mereka oleh AS untuk menyerang daerah permukiman di Beirut,” katanya dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB.

Dalam pernyataan di X, juru bicara tentara Israel Avichay Adraee mengatakan Nasrallah ‘dibunuh’ selama operasi yang menargetkan komando pusat Hizbullah yang terletak di bawah sebuah bangunan permukiman di pinggiran selatan Beirut.


Menurut Channel 12 Israel, angkatan udara Israel menjatuhkan sekitar 85 bom penembus bunker yang masing-masing beratnya satu ton bahan peledak. Bom bunker buster adalah senjata khusus yang dikembangkan militer AS untuk menembus dan menghancurkan bangunan yang dibentengi dengan kuat atau terkubur dalam.

Bom ini dirancang untuk menargetkan bunker militer, fasilitas bawah tanah, dan lokasi yang diperkuat, yang tak dapat dihancurkan amunisi konvensional. Bunker buster telah menjadi alat penting dalam peperangan modern.

Meskipun hukum internasional tidak melarang bunker buster secara khusus, penggunaannya di daerah pemukiman melanggar Hukum Humaniter Internasional berdasarkan Konvensi Jenewa.

Contohnya misalnya GBU-28 yang dikembangkan pada tahun 1991 selama Perang Teluk untuk menghancurkan bunker militer Irak. Dikutip detikINET dari TRT, bom ini memiliki berat sekitar 5.000 pon dan dilengkapi dengan sistem pemandu laser, yang memungkinkan serangan yang tepat.

GBU-37 adalah bom penghancur bunker lainnya yang menargetkan fasilitas militer bawah tanah. Tidak seperti GBU-28 berpemandu laser, GBU-37 berpemandu GPS, yang membuatnya efektif dalam kondisi cuaca buruk dan memastikan akurasi menyerang target yang terkubur dalam.

Bom jenis itu menembus lapisan tanah, batu, atau beton bertulang. Selongsong bom dibuat dari bahan sangat kuat, sehingga dapat menahan benturan yang kuat sebelum meledak jauh di dalam target.

Penghancur bunker dilengkapi dengan apa yang disebut sekering tunda, yang memungkinkan bom meledak hanya setelah menembus targetnya. Ini memastikan kerusakan maksimum pada fasilitas bawah tanah, seperti pusat komando atau gudang penyimpanan senjata.

Simak Video: Pemimpin Hizbullah Tewas Akibat Serangan Israel di Beirut

[Gambas:Video 20detik]


(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version