Kamis, Oktober 10


Jakarta

Pelatih Kolombia Nestor Lorenzo mengeluhkan adanya mata-mata dari Bolivia yang mengintai sesi latihan timnya jelang duel kedua tim di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol.

Diberitakan ESPN, Lorenzo berujar Federasi Sepakbola Kolombia akan mengajukan komplain lengkap disertai dengan bukti fotografis untuk menguatkan tuduhan tersebut. Ia tak senang dengan cara-cara tak jantan seperti ini.

“Sangat disayangkan mereka mengirim mata-mata dan semacamnya. Saya tidak tahu dari mana asalnya atau siapa orangnya, tetapi kami telah mengidentifikasi orang itu, kami memiliki foto-fotonya, dan kami akan mengadukan kasus ini,” ujar Lorenzo pada Rabu (9/10) waktu setempat, dikutip ESPN.


“Tentu saja, seseorang ingin berlatih dengan leluasa, dan apa yang terjadi merupakan pelanggaran privasi tim. Kami memiliki foto-foto utuh orang tersebut, kami akan melihat bagaimana kami memprosesnya dalam beberapa jam ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, pelatih Bolivia Oscar Villegas tak membantah peristiwa tersebut, namun ia menyebut bahwa foto-foto latihan Bolivia yang digelar secara tertutup juga bocor.

Skandal pengintaian bukan hal baru di sepak bola. Pada Olimpiade Paris 2024 lalu, cabang sepak bola putri dihebohkan dengan skandal pengintaian yang dilakukan Timnas Kanada terhadap Timnas Selandia Baru dengan menggunakan drone.

Awalnya Selandia Baru tak senang dengan adanya drone yang melintas di atas tempat latihan mereka. Insiden itu kemudian dilaporkan ke kepolisian Prancis, yang kemudian mengungkap bahwa itu dilakukan staf pelatih Kanada, Joseph Lombardi.

Kanada kemudian didenda 313 ribu Dolar dan mendapat hukuman pengurangan 6 poin di fase grup oleh FIFA. Pelatih Bev Priestman juga diskorsing setahun dari kegiatan sepak bola karena dinilai telah melanggar asas fair play.

Duel Bolivia vs Kolombia akan digelar di Municipal Stadium El Alto, yang letaknya 4.000 meter di atas permukaan laut, pada Jumat (11/10) pukul 03.00 WIB. Kolombia berada di urutan kedua klasemen dengan 16 poin dan belum terkalahkan dari delapan laga, sementara Bolivia di urutan delapan dengan 9 poin.

(adp/aff)

Membagikan
Exit mobile version