Kamis, Oktober 24

Jakarta

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang menyegarkan, paling cocok diminum saat cuaca sedang panas. Selain bikin segar, air kelapa juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Salah satu khasiat air kelapa adalat dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Maka dari itu, seseorang yang kekurangan cairan tubuh dianjurkan perbanyak minum air kelapa.

Ketika tubuh sedang dalam kondisi fit pun juga tidak masalah mengkonsumsi air kelapa. Akan tetapi, bolehkah minum air kelapa setiap hari? Simak penjelasannya dalam artikel ini.


Bolehkah Minum Air Kelapa Setiap Hari?

Mengutip situs WebMD, sah-sah saja apabila kamu minum air kelapa setiap hari. Bahkan, langkah tersebut bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Akan tetapi, jangan minum air kelapa secara berlebihan. Disarankan mengkonsumsi 1-2 gelas air kelapa berukuran 8 ons dalam sehari yang mengandung sekitar 45-60 kalori.

Jika meminum air kelapa terlalu banyak maka jumlah kalori yang masuk ke tubuh juga lebih besar. Jadi, sebaiknya diimbangi dengan perbanyak minum air putih.

Risiko Minum Air Kelapa Terlalu Banyak

Sebenarnya, air kelapa merupakan minuman yang berisiko rendah terhadap kesehatan. Namun, jika kamu memiliki kondisi kesehatan yang mengharuskan membatasi kalium, natrium, atau kalori maka sebaiknya hindari minum air kelapa secara berlebihan.

Air kelapa tidak memberikan efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau secukupnya. Namun, jika kamu memiliki riwayat penyakit ginjal kronis atau chronic kidney disease (CKD), mungkin bisa memicu masalah kesehatan.

Penyakit ginjal kronis membuat ginjal berfungsi kurang optimal dalam membuang kalium, sementara air kelapa mengandung kalium tinggi. Terlalu banyak kalium di dalam tubuh bisa menyebabkan ginjal mengalami hiperkalemia, yakni gangguan kesehatan yang ditandai dengan meningkatnya kadar kalium dalam darah.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan

Ada sejumlah manfaat yang didapat dengan minum air kelapa setiap hari. Dilansir situs Eating Well dan Times of India, berikut manfaat minum air kelapa untuk kesehatan:

1. Menambah Cairan Elektrolit dalam Tubuh

Air kelapa mengandung banyak elektrolit, mulai dari kalium, natrium, magnesium, dan kalium. Kandungan elektrolit itu sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot.

Air kelapa juga menjadi pilihan yang pas untuk rehidrasi. Apalagi jika kamu kehilangan banyak cairan tubuh akibat olahraga atau terserang penyakit seperti muntah atau diare, maka dianjurkan meminum air kelapa.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Minum air kelapa setiap hari ternyata dapat menjaga kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kalium dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Nah, salah satu minuman yang kaya akan kalium adalah air kelapa.

Kandungan kalium dan vitamin di dalam air kelapa diyakini mampu membantu merelaksasi pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, minum air kelapa secara rutin juga dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Soalnya, air kelapa memiliki sifat yang dapat menghidrasi tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan jika air kelapa memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang bermanfaat bagi mikrobioma usus, yakni mikroba yang menghuni usus.

Air kelapa juga membantu meringankan peradangan dan mungkin membantu meredakan gangguan pencernaan. Air kelapa juga dapat menenangkan lapisan usus yang teriritasi dan meredakan rasa sakit akibat gangguan pencernaan.

5. Mengurangi Kerusakan Sel

Tubuh yang terlalu banyak terpapar radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif. Hal itu dapat memicu kerusakan sel dan menimbulkan sejumlah penyakit kronis.

Mengkonsumsi air kelapa secara rutin diyakini dapat mengurangi kerusakan sel di dalam tubuh akibat radikal bebas. Hal itu berkat kandungan antioksidan, vitamin C, sitokinin, dan senyawa fenolik dalam air kelapa yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Itu tadi penjelasan mengenai aturan minum air kelapa. Jadi, tidak masalah minum air kelapa setiap hari asalkan secukupnya saja, ya!

(ilf/fds)

Membagikan
Exit mobile version