Senin, Oktober 7


Jakarta

Gelaran MotoGP Mandalika 2024 menjanjikan tawaran bundling yang menarik. Traveler dapat memesan tiket sekaligus moda transportasi.

MotoGP Mandalika digelar pada 29 September 2024. Rencananya, gelaran balap motor paling akbar sedunia itu dikemas bersamaan tiket transportasi. Transportasi seperti tiket pesawat, shuttle, maupun kapal ferry pun juga tengah direncanakan.

“Kita lagi berkolaborasi dengan beberapa airline dan travel agent untuk menge-push jualan bundling sih,” kata Deputi GM The Mandalika, Mamit Hussein, kepada wartawan selepas Press Briefing Asia Road Racing Championship 2024 dan MotoGP 2024 di Gedung Bareksa, Jumat (21/6/2024).


Nantinya pelancong yang menonton MotoGP memungkinkan untuk menginap tak hanya di sekitar Mandalika maupun Lombok. Dengan paket bundling transportasi, penonton pun dapat memilih akomodasi di tempat lain seperti Bali.

“Ada yang bisa pakai shuttle, hari H mungkin orang bisa nginep di Bali, paginya berangkat malamnya balik itu bisa juga, kita lagi ada skema-skema khusus untuk membantu ngepush memperbanyak pesawat untuk datang ke Mandalika,” ujar dia.

“Yang pasti kan ada lewat laut ya, jadi dari Bali kebanyakan lewat laut, ferry pasti akan banyak. Ada juga (bundling), nanti kita akan siapkan beberapa paket yang akan dikemas oleh travel agent,” dia menambahkan.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mendorong peningkatan jumlah penerbangan saat menyambut gelaran MotoGP september nanti, khususnya kota-kota penyumbang penonton terbesar.

“Jadi menambah flight yang ada dari Jakarta ke Lombok atau dari beberapa kota ya. Jadi kan kalau dari tiket pembeli utama kita yang paling besar adalah Jakarta, Surabaya, Makassar itu paling besar, Bali sendiri paling besar juga. Jadi ada beberapa tier yang akan menyiapkan tambahan extra flight untuk ke Mandalika,” katanya.

Untuk paket bundling Mamit menjelaskan akan dikelola oleh para travel agent. Namun, pihaknya akan mendukung dalam aspek konektivitas dan transportasi menuju ataupun selepas pagelaran.

“(Paket bundling lewat travel agent) Ya, karena kita kan butuh bantuan mereka untuk mengorganize semuanya, jadi mereka bundlingnya dengan hotel atau dengan ferry atau dengan pesawat kan mereka yang membuat bundlingnya mereka akan menjual, kita akan bantu. Kita hanya bantu connectivity-nya bantuin airlines-airlines untuk bisa mempertambah (penerbangan),” jelasnya.

Selain itu, mereka menargetkan lebih 50 persen penonton MotoGP 2024 Mandalika berasal dari luar Lombok. Itu agar terjadinya peningkatan perputaran ekonomi dari para wisatawan.

“Kita butuh paling engga 50-60 persen crowd pembeli tiketnya dari luar Lombok. Karena secara ekonomi pasti mereka lebih banyak average spend-nya kalau turis. Kita pengen mengutamakan di atas 50 persen itu datang dari luar Lombok,” dia menambahkan.

Di samping itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) sempat berencana melakukan bundling tiket MotoGP 2024 dengan tiket pesawat di Bandara Internasional Lombok. Namun, hal itu masih dalam tahap pembicaraan antara pemerintah, maskapai, dan penyelenggara MotoGP.

“Ya, kami masih bicarakan dengan maskapai dan travel,” ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaludin Maladi dikutip dari detikBali, Jumat (21/6/2024).

(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version