Sabtu, Juli 6


Jakarta

Pesawat Air Europa mengalami turbulensi parah. Penumpangnya sampai bersembunyi di bagasi kabin saat pesawat terguncang,

Dilansir dari Mirror UK pada Selasa (2/7), rekaman insiden Boeing 787-9 Dreamliner Air Europa tersebar di media sosial. Terlihat jelas bagaimana turbulensi itu mengguncang penumpang yang berada di dalam pesawat.

Salah satu video penumpang memperlihatkan keadaan kabin yang mencekam. Tiba-tiba saja seorang penumpang naik ke bagasi kabin dan bersembunyi di sana, kakinya tergantung keluar.


Sesaat sebelum mengalami turbulensi, penumpang penerbangan itu diperingkatkan untuk kembali ke tempat duduk dan mengencangkan sabuk pengaman. Awalnya, perubahan aliran udara di sekitar Boeing 787-9 itu kecil, tetapi kemudian pesawat itu tiba-tiba jatuh.

Keadaan kabin pesawat Air Europa usai turbulensi Foto: (MarielaJodal/X)

“Sensasinya mengerikan, seperti Anda sedang jatuh dan itu tidak akan pernah berakhir. Dan Anda menyadari bahwa Anda jatuh dengan kecepatan yang tidak dapat dihitung,” ujar seorang penumpang.

“Dan Anda merasa seperti itu akan berakhir di sana, bahwa Anda akan mati. Sampai kami mulai melihat di layar bahwa pesawat itu mulai naik,” tambahnya.

Dalam gambar yang dibagikan, bagian kabin kacau balau. Penumpang yang tak mengenakan sabuk pengaman terlempar ke atas dan membuat kabin bolong.

“Mereka yang tidak mengenakan sabuk pengaman terlempar dan beberapa tetap terikat di atap,” kata penumpang lain.

Rekaman lebih lanjut yang dibagikan oleh mereka yang berada di pesawat UX045 menunjukkan penumpang lain akhirnya membantu pria yang tersangkut di loker di atas kepala, menariknya keluar dengan kedua kakinya. Yang lainnya terlihat tergeletak di lantai dengan penyangga leher.

Pakar penerbangan yang memeriksa data penerbangan publik untuk pesawat itu mengatakan bahwa perlambatan mendadak bisa menjadi penyebab beberapa cedera.

“Tampaknya cedera dan kerusakan selama turbulensi yang terjadi di dalam pesawat Air Europa UX045 dari Madrid ke Uruguay bukan karena penurunan ketinggian yang tiba-tiba,” cuit pakar penerbangan Jacob Philip dalam X.

“Data FlightRadar24 menunjukkan penurunan kecepatan secara tiba-tiba sebesar 259 km/jam dalam 27 detik, meskipun data itu juga menunjukkan penurunan ketinggian.”

Pesawat dengan nomor penerbangan UX045 itu mengalami turbulensi parah dalam perjalanan dari Madrid, Spanyol menuju Montevideo, Uruguay.

Pihak maskapai melaporkan beberapa orang terluka dalam insiden tersebut. Penerbangan dialihkan ke Bandara Natal di timur laut Brasil dalam perjalanannya ke ibu kota Uruguay.

Maskapai yang bermarkas di Spanyol itu menyatakan para penumpang yang mengalami cedera telah “mendapat perhatian.”

(bnl/bnl)

Membagikan
Exit mobile version