Senin, Oktober 14


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana untuk menggunakan penerbangan komersial saat pulang kampung ke Solo, Jawa Tengah setelah purna tugas pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Di hari yang sama saat Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dilantik jadi presiden dan wakil presiden, Jokowi rencananya akan langsung mudik ke Solo setelah rangkaian pelantikan dan serah terima jabatan selesai.

Rencananya, Jokowi akan terbang ke Solo lewat Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur di sore hari tanggal 20 Oktober 2024. Kabar ini diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, diketahui sosok Budi cukup dekat dengan Jokowi karena dia merupakan Ketua Umum Relawan Projo.


Bocoran dari Budi Arie, rencananya Jokowi akan naik pesawat komersial dari Halim ke Bandara Adi Sumarmo Solo pada pukul 15.00 WIB.

“Naik pesawat dari Halim, jam 15.00 WIB tanggal 20 Oktober 2024,” ungkap Budi Arie ketika dikonfirmasi detikcom, Senin (14/10/2024).

Ketika ditanya, maskapai apa yang mau digunakan Jokowi, Budi Arie mengatakan rencananya Jokowi akan naik Citilink ke Solo. “Citilink ya,” ujarnya singkat.

Lebih lanjut, Budi Arie mengatakan Jokowi akan naik Citilink sebagai penumpang umum bersama orang biasa lainnya. Soal potensi Jokowi melakukan penyewaan atau charter pesawat, Budi Arie enggan bicara.

detikcom sudah mencoba melakukan konfirmasi ke maskapai Citilink soal kabar akan digunakan Jokowi ke Solo, namun belum mendapatkan jawaban.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno pernah mengatakan ada rencana Jokowi untuk menggunakan penerbangan komersial seperti masyarakat umum saat kembali ke Solo, Jawa Tengah, ketika sudah purna tugas. Menurutnya, kepulangan Jokowi dengan penerbangan komersial sudah disiapkan pihaknya.

Sayangnya, kala itu Pratikno enggan mengelaborasi pesawat apa yang bakal digunakan Jokowi termasuk apakah Jokowi akan naik kelas bisnis atau ekonomi. Yang jelas, Jokowi akan pulang kampung tanpa fasilitas negara usai purna tugas.

“Nanti kita atur, jadi pokoknya komersial juga sudah siap,” ujar Pratikno saat berbincang dengan wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2024).

(hal/kil)

Membagikan
Exit mobile version