Jumat, Oktober 25

Jakarta

Apple Intelligence akan diluncurkan pekan depan dengan bantuan Private Cloud Compute (PCC) untuk memproses permintaan yang lebih rumit dari pengguna. Apple pun ingin memastikan keamanan PCC dengan mengadakan program bug bounty dengan hadiah hingga USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

PCC adalah server yang akan mengotaki sejumlah fitur Apple Intelligence. Sebagian besar fitur Apple Intelligence akan bisa dijalankan di iPhone dan perangkat Apple lainnya, tapi fitur dan permintaan yang lebih rumit membutuhkan bantuan server PCC.

Apple mengatakan PCC sudah dirancang untuk menjamin keamanan dan privasi data pengguna. Mereka mengundang peneliti keamanan untuk memverifikasi jaminan tersebut secara independen.


Apple akan memberikan hadiah maksimum USD 1 juta untuk siapa saja yang bisa melaporkan celah yang mampu menjalankan kode berbahaya dari jarak jauh di server PCC.

Mereka juga akan menghadiahkan USD 250.000 kepada peneliti yang bisa melaporkan celah yang bisa mengambil informasi sensitif pengguna atau prompt yang dimasukkan pengguna ke PCC.

Selain itu, peneliti yang berhasil menemukan masalah keamanan apapun yang memiliki dampak signifikan di luar kategori yang sudah ada akan mendapatkan bonus hingga USD 150.000.

“Kami memberikan jumlah bonus maksimum untuk kerentanan yang membahayakan data pengguna dan data permintaan inferensi di luar batas kepercayaan PCC,” kata Apple dalam postingannya, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (25/10/2024).

Ini merupakan perpanjangan dari program bug bounty yang digelar oleh Apple. Program ini menawarkan hadiah kepada hacker dan peneliti keamanan yang bisa menemukan celah berbahaya yang mengancam keamanan perangkat atau akun pengguna.

Beberapa tahun yang lalu, Apple juga menciptakan iPhone yang dirancang khusus untuk diretas guna meningkatkan keamanan iPhone yang belakangan ini sering menjadi target pembuat spyware.

Fase pertama Apple Intelligence akan diluncurkan pekan depan bersama update iOS 18.1. Beberapa fitur andalan lainnya, termasuk Genmoji dan integrasi ChatGPT, muncul d iOS 18.1 developer beta yang baru saja dirilis.

(vmp/afr)

Membagikan
Exit mobile version