Rabu, Juni 26

Jakarta

PT Global Digital Niaga Tbk telah sukses menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2023. Kemudian disusul dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta (13/6).

Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli mengatakan meskipun di tengah berbagai tantangan usaha sepanjang tahun 2023, Perseroan secara konsisten berupaya menciptakan berbagai terobosan dan inovasi guna mengoptimalkan marjin, kepemimpinan biaya, dan keunggulan ekosistem sehingga Perseroan mampu menutup tahun buku 2023 dengan kinerja usaha yang terus bertumbuh positif.

“Tema besar yang masih menjadi fokus perhatian utama Perseroan dalam rangka meningkatkan daya saing dan mempertahankan pertumbuhan usaha adalah perubahan dan dinamika bisnis dalam industri digital, khususnya sektor e-commerce dan online travel agent. Untuk itu, strategi usaha dan kebijakan strategis yang diambil Perseroan ditekankan pada perluasan pilihan produk, penguatan layanan, pengembangan teknologi, inovasi omnichannel, kepemimpinan biaya serta pengembangan sinergi potensial di dalam ekosistem Blibli Tiket yang terintegrasi,” ujar Kusumo saat paparan kondisi kegiatan usaha sebagai bagian dari Laporan Tahunan Perseroan.


“Perseroan juga meyakini bahwa implementasi berbagai strategi tersebut telah berkontribusi secara positif dalam meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja usaha Perseroan dan memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kusumo menyampaikan bahwa pencapaian Perseroan juga ditandai dengan berbagai babak penting sepanjang tahun 2023 yang mencakup upaya Perseroan dalam memperkuat strategi omnichannel melalui ekspansi toko-toko fisik yang berkelanjutan. Perseroan telah menggandeng berbagai mitra pemegang merek global ternama untuk memberikan keleluasaan dan fleksibilitas kepada para pelanggan dalam berinteraksi dan berbelanja di dalam ekosistem Blibli Tiket baik secara daring maupun luring.

Di sisi operasional, Perseroan juga telah mulai menerapkan otomasi di berbagai proses, termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Perseroan juga terus mendorong penjualan silang antar ketiga platform utama yang dimiliki (Blibli, tiket.com, dan Ranch Market) termasuk meluncurkan program loyalitas terpadu – Blibli Tiket Rewards, yang telah diintegrasikan di seluruh platform di dalam ekosistem Perseroan.

Di dalam RUPST, pemegang saham Perseroan telah menyetujui dan mengesahkan Laporan Direksi atas Laporan Tahunan Perseroan, yang termasuk di dalamnya laporan kegiatan usaha serta laporan kinerja keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023. Perseroan berhasil mencetak kinerja keuangan positif, dimana laba bruto konsolidasian Perseroan pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp 2,4 triliun, meningkat 97% dibandingkan dengan laba bruto konsolidasian pada tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp 1,2 triliun. Hal ini mencerminkan kinerja marjin bruto konsolidasian yang meningkat secara year-on-year sebesar 830-bps dari 8,0% pada tahun 2022menjadi 16,3% pada tahun 2023.

Sedangkan dari aspek beban operasional, Perseroan mencatatkan jumlah beban operasional konsolidasian sebesar Rp 6,0 triliun pada tahun 2023, lebih rendah 4% dibandingkan dengan beban operasional konsolidasian pada tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp 6,3 triliun. Sehingga, secara keseluruhan Perseroan mencatatkan penurunan rugi bersih tahun berjalan konsolidasian sebesar 34% menjadi sebesar Rp 3,7 triliun pada tahun 2023.

(Kiri ke kanan) Ronald Winardi-CFO, Eric Winarta-Chief Corporate Secretary & Investor Relations, Lisa Widodo-COO & Co-Founder, Kusumo Martanto-CEO & Co-Founder, Hendry-Chief Commercial Officer & Co-Founder, Andy Untono-Chief Investment and Subsidiaries Business. Foto: Blibli Tiket

Dalam pelaksanaan RUPST, juga telah disampaikan oleh Perseroan terkait dengan laporan atas realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum saham perdana Perseroan sampai dengan tanggal 31 Desember 2023. Pemegang saham Perseroan juga telah menyetujui beberapa agenda lain seperti:

  • Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menetapkan/menentukan gaji serta tunjangan lainnya bagi anggota Direksi dan menetapkan
    honorarium dan tunjangan lainnya bagi anggota Dewan Komisaris untuk tahun buku 2024, dengan memperhatikan rekomendasi dari Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan;
  • Memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menunjuk Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik yang memiliki kompetensi dan pengalaman, independen terhadap Perseroan dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan untuk melakukan audit atas laporan keuangan Perseroan yang berakhir tanggal 31 Desember 2024; dan
  • Menyetujui untuk melakukan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan, yaitu dengan mengangkat Bapak Suryadi Sasmita sebagai Komisaris Independen Perseroan yang baru.

Sementara itu, pada penyelenggaraan RUPSLB, Perseroan juga mendapatkan persetujuan dari pemegang saham independen untuk melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) dengan jumlah penerbitan saham baru sebanyak-banyaknya 7,63% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan, yang terdiri atas:

  • Penerbitan saham baru dalam rangka program kepemilikan saham manajemen dan karyawan Perseroan (Program MESOP) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 4.500.000.000 lembar
    saham atau sebesar 3,65% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan; dan
  • Penerbitan saham baru tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu selain dalam rangka Program MESOP (“Penambahan Modal Selain Program MESOP”) dengan jumlah
    sebanyak-banyaknya 4.900.240.527 lembar saham atau sebesar 3,98% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan.

“Perseroan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepercayaan dan dukungan dari seluruh pemegang saham Perseroan hingga saat ini. Ke depannya, Perseroan akan terus melakukan evaluasi dan penyesuaian inovasi terhadap berbagai strategi usaha maupun kebijakan strategis dengan mempertimbangkan dinamika perekonomian, kemajuan teknologi dan kebutuhan pelanggan,” tutup Kusumo.

Simak Video “Blibli dan Samsung Electronics Indonesia Hadirkan Samsung Experience Lounge Pertama di Indonesia
[Gambas:Video 20detik]

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version