Rabu, Oktober 9

Jakarta

Bill Gates dahulu adalah langganan orang paling kaya di dunia. Namun seiring waktu berjalan, kekayaannya terus menurun, bahkan laporan terbaru dari Forbes menyebutkan dia tidak masuk lagi dalam daftar 10 besar manusia terkaya sejagat.

Saat ini dalam daftar real time Forbes, posisi pertama orang terkaya diduduki Elon Musk dengan USD 264 miliar, diikuti Larry Ellison dengan 208 miliar, Mark Zuckerberg dengan USD 206 miliar dan Jeff Bezos di posisi keempat dengan estimasi harta USD 204,4 miliar.

Nah, Bill Gates sang pendiri Microsft ‘hanya’ menempati posisi ke-13, dengan kekayaan diperkirakan USD 106,01 miliar. Meski masih sangat besar, inilah untuk pertama kalinya dalam waktu sangat lama, Bill Gates tak masuk 10 besar dalam dafter Forbes.


Menurut laporan Forbes, kekayaan bersihnya turun USD 4 miliar dari tahun sebelumnya. Ini menandai pertama kalinya sejak 1991 Gates tidak masuk dalam daftar sepuluh orang terkaya di dunia.

Lantas, ada apa di balik penurunan harta pria berusia 68 tahun yang cukup drastis tersebut? Menurut Forbes, perceraian Bill Gates dan kegiatan filantropisnya berperan besar.

Seperti diketahui, Gates dan Melinda French Gates mengakhiri pernikahan mereka pada tahun 2021. Melinda pun memperoleh harta gono gini sangat tinggi, diperkirakan lebih dari USD 12 miliar.

Dikutip detikINET dari Fox News, mereka mendirikan Yayasan Bill & Melinda Gates bersama lebih dari dua dekade lalu. Namun Melinda keluar dari organisasi tersebut belum lama ini untuk melanjutkan kegiatan filantropisnya sendiri.

Sumbangan amal Gates untuk yayasan tersebut selama bertahun-tahun mencapai lebih dari USD 59 miliar, sehingga menurunkan kekayaannya cukup signifikan. Gates adalah salah satu dari tiga pendiri Giving Pledge, bersama mantan istrinya dan CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett. Inisiatif tersebut meminta orang kaya menyumbang sebagian besar kekayaan mereka.

Di serial Netflix-nya “What’s Next? The Future with Bill Gates, ia menganggap merupakan hal aneh ada orang-orang bernilai satu miliar, 10 miliar, seratus miliar. Ia menilai dunia akan menjadi lebih baik jika mereka sukarela memilih untuk memberikan lebih banyak uang.

Simak Video “Video: Hartanya Menurun, Bill Gates Tak Lagi Jadi 10 Orang Terkaya Dunia
[Gambas:Video 20detik]

(fyk/afr)

Membagikan
Exit mobile version