Minggu, Juli 7


Jakarta

Popularitas mie instan asal Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan warkop di Malaysia kebanyakan menggunakan mie instan dari Indonesia.

Malaysia dan Indonesia berbagi banyak kesamaan budaya sampai warisan kuliner yang hampir mirip. Tak heran perdebatan soal makanan antara netizen Indonesia dan netizen Malaysia seakan tidak pernah berakhir, apalagi di era media sosial seperti sekarang.

Seperti video yang baru-baru ini dibagikan food vlogger asal Malaysia di TikTok lewat akun @ceoofsodok (01/07). Lewat video berdurasi satu menit itu, food vlogger yang akrab disapa Abang Sodok ini tak sengaja menemukan warkop kaki lima yang berjualan mie instan di pinggir jalan.


Lokasinya berada tepat di dekat Taco Bell Taman Setiawangsa di Kuala Lumpur. Meski hanya bermodalkan meja dan kompor portable sederhana, tapi penjual makanan yang terkenal dengan nama ‘Maggi Viral Setiwangsa’ ini tak pernah berhenti memasak mie instan pesanan pembeli.

Bikin Heboh! Warkop Kaki Lima di Malaysia Pakai Mie Instan Indonesia Foto: TikTok @ceoofsodok

Maggi sendiri merupakan brand mie instan dari India yang populer dan dipakai untuk menyebut mie instan. Namun di video tersebut, mie instan yang dijual bukanlah Maggi melainkan mie instan lokal dari Indonesia yaitu Mie Sedaap.

Dengan cekatan sang penjual merebus Mie Sedaap lalu mengaduk dengan racikan sambal buatan sendiri. Baru setelah itu dicampur dengan bumbu bubuk dan kecap bawaan dari Mie Sedaap. Terakhir Mie Sedaap yang sudah matang disajikan dengan telur mata sapi setengah matang, irisan cabe rawit dan jeruk nipis.

Totalnya seporsi mie instan ala warkop kaki lima di Malaysia ini harganya RM 5 (Rp 17.500). Video ini mendapatkan banyak komentar dari netizen Indonesia yang heboh karena mie instan asal Indonesia, disebut ‘Maggi’ di Malaysia.

Bikin Heboh! Warkop Kaki Lima di Malaysia Pakai Mie Instan IndonesiaBikin Heboh! Warkop Kaki Lima di Malaysia Pakai Mie Instan Indonesia Foto: TikTok @ceoofsodok

“Itu Mie Sedaap woy bukan Maggi!” kritik @hy***.

“Mungkin harga sebungkus Mie Sedaap di sana mahal cuy. Gue kaget pas penjualnya bilang harganya RM 5, wsoalnya Mie Sedaap sama telur dan sambel setetes serta cabe seiris itu murah,” komen @puy***.

“Kayaknya nama Maggie itu sudah jadi nama generik mie instan di Malaysia ya? Sama seperti Aqua, yang dijadikan nama generik untuk air minum kemasan di Indonesia,” jelas @tay**.

Bikin Heboh! Warkop Kaki Lima di Malaysia Pakai Mie Instan Indonesia Foto: TikTok @ceoofsodok

“Produk mie instan dari Indonesia rasanya memang paling enak. Meski yang disebut Maggi, tapi yang terlihat malah Mie Sedaap,” pungkas @ir**.

Tak hanya warkop kaki lima saja, penggunaan mie instan pada warung makan hingga restoran di Malaysia memang bukan hal yang baru. Misalnya rumah makan jenis Mamak, kebanyakan mie instan yang digunakan adalah Indomie atau Mie Sedaap.

Baca Juga: Pesan Indomie Telur Setengah Matang di Malaysia, Pembeli Dapat Plot Twist!” selengkapnya

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version